Tips Kuliah sambil kerja Sampai Jadi Seorang Sarjana

Pendidikan memang sudah menjadi hal yang wajib dilakukan oleh setiap warga negara, apalagi Indonesia sudah menyanangkan wajib belajar 12 tahun. Pentingnya peran pendidikan sangat besar untuk kemajuan bangsa ini kedepannya

Buat kalian yang tidak mempunyai biaya untuk kuliah tenang aja kok, sekarang sudah banyak universitas yang membuka kelas karyawan jadi kalian bisa membiayainya dari hasil kerja kalian sendiri

Meski waktu belajar kelas karyawan tidak sebanyak kelas reguler tapi pelajaran yang diberikan sama persis, tinggal kaliannya aja bagaimana mengembangkan materi yang telah diberikan agar lebih paham lagi

Program P2K memang sangat membantu sekali buat teman-teman yang memang sedang bekerja dan pengin melanjutkan pendidikannya termasuk si penulis artikel ini sendiri hehe. Jadi buat kalian yang sedang bekerja ngga punya alasan lagi buat ngga lanjtuin pendidikannya sayang loh ya

Apalagi diera sekarang ini, banyak perusahaan yang sudah menerapkan standarisasi saat penerimaan karyawan baru ya setidaknya harus memiliki ijazah D3, yuk sama-sama melanjutkan pendidikan meski harus dibarengi dengan bekerja

Kira-kira apa aja yah tipsnya biar bisa kuliah sambil kerja sampai jadi seorang sarjana, yuk baca beberapa tips agar kalian bisa menjalani kedua kegiatan tersebut

Niat dan Yakin

Niat dan Yakin Ketika Akan Memulai Aktifitas
Niat dan Yakin Ketika Akan Memulai Aktifitas – Pixabayportalgambar.com

Tips yang paling awal penulis tulis adalah adanya niat yang kuat dan rasa yakin, loh kenapa harus niat? , semua yang dijalani tidak akan bertahan lama jika kita tidak mempunyai niat dan keyakinan yang kuat

Niat dan yakin bahwa aktifitas yang akan kalian jalani harus full power , kalian harus bisa menghadapi setiap maslah yang akan timbul kedepannya jangan setengah-setengah ketika berniat. Aktifitas apapun jika diniatkan dengan niat yang baik pasti semua akan berjalan baik

cek yuk info event seputar pendidikan

Bisa Memanagement Waktu

Bisa Memanagement Waktu – Pixabayportalgambar.com

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum kuliah adalah merencanakan waktu kuliahnya, apakah kalian mau masuk kelas malam atau weekend, buat kalian yang hari sabtu-minggunya libur kalian bisa masuk kelas karyawan yang sabtu-minggu aja

Tapi jika ditempat kerja kalian sabtu dan minggu masih masuk kalian bisa kok masuk yang kelas malem, jadi semuanya memiliki kesempatan untuk terus belajar. Biasanya kelas malam biasa dimulai dari pukul 19.00-22.00 jika anda diwaktu-waktu itu masih ditempat kerja sebaiknya anda konsultasi dulu dengan atasan kalian agar diberikan toleransi waktu untuk pulang sedikit lebih  cepat,dengan menggantinya masuk kerja lebih awal dari sebelumnya

Management waktu memang sangat penting sekali, kalian harus bisa membagi waktu kalian untuk menyelesaikan pekerjaan anda dan di satu sisi anda juga harus bisa membagi waktu anda menyelesaikan tugas anda sebagai mahasiswa yaitu mengerjakan tugas

Biasanya perusahaan sekarang memberikan toleransi kepada pegawainya yang memang sedang dalam masa melanjutkan pendidikan tingkat tinggi, karena hal itu juga memberika dampak positif bagi perusahaan itu sendiri

Menaruh Uang Gaji di Beberapa Bank

Mengkalkulasikan Biaya Untuk Pendidikan dan Masa Depan- pixabay.com

Satu lagi tips yang tidak kalah pentingnya yaitu soal biaya, sebelum kalian memutuskan untuk melanjutkan sekolah pastikan dulu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap bulannya, nah setelah kalian tahu jumlahnya kalian bisa membagi uang gaji kalian kebeberapa bank

baca juga: bingung kuliah diaman? yuk cek info universitas di kinibisa

Anda bisa membagi kedalam 3 bank semisal ; ke Bank BRI untuk tabungan anda, ke Bank BCA untuk keseharian anda dan satu lagi kalian bisa pilih Bank apa saja semisal mandiri khusus untu pendidikan

Nah setelah udah di bagi ketiga bank tersebut anda tidak perlu repot lagi memikirkan biaya, dan tentunya tidak sampai campur aduk dan ngga jelas uang itu dipakai buat apa

Itulah beberapa tips buat kalian yang sedang berniat untuk melanjtkan pendidikannya meski harus bekerja

Yadi Cahyono

Belajar menghargai proses yang baik, karena dalam proses akan terlihat etika-etika diri kita. Belajar lah tapi ingat ilmu itu terbatas dan sudah menjadi kodrat yang Maha Kuasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Tips Berharga Untuk Kamu Mahasiswa Baru

Fri Aug 30 , 2019
Menjadi mahasiswa baru (maba) merupakan fase kehidupan baru yang harus kamu lalui saat memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi lagi. Bagi sebagian orang, tahap ini merupakan masa yang ditunggu-tunggu karena bisa lebih bebas dan gak terikat lagi seperti saat masih SD, SMP, ataupun SMA. Baik dari jadwal yang lebih […]
Kenali Kampusmu Sekarang Juga