Tips Memilih Kosan di Dekat Kampus

Bagi kamu mahasiswa rantau, rasanya tak bisa dipungkiri kalo kamu membutuhkan kos-kosan untuk dijadikan tempat tinggal sementara. Apalagi kalo kamu gak punya saudara atau keluarga di daerah kampusmu itu, mau gak mau kamu harus tinggal di kos-kosan.

Kos-Kosan
Kos-Kosan (Sumber: Anakuntad.com)

Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangin sebelum memutuskan untuk memilih kos-kosan. Namun salahsatu yang terpenting itu adalah jarak yang tidak terlalu jauh. Alias deket dari kampus. Kenapa harus bergitu? Sebab hal itu bakal mengefisienkan waktu kamu sehingga engga habis di perjalanan. Apa aja sih hal yang harus kamu lakuin supaya bisa mendapatkan kosan-kosan yang deket dari kampus?

1. Cari Dari Jauh-jauh Hari

Sudah bukan rahasia lagi kalo kosan yang deket dari kampus ini sangat banyak peminatnya. Apalagi bagi mahasiswa yang memang gak punya kendaraan ataupun yang males naik transportasi umum. Artinya, untuk mendapatkan kosan ini kamu butuh perjuangan lebih, kaya dapetin si dia tuh wkwkwk.

Tapi gak perlu khawatir, sebab kosan ini masih bisa kamu dapatkan. Asalkan aja kamu pandai mengatur strtegi. Lah maksudnya? Iya kamu harus go ahead daripada temen-temen kamu yang sama-sama juga sedang mencari kosan.

Cari dari Jauh-jauh Hari
Cari dari Jauh-jauh Hari (Sumber: Unsplash.com)

Kosan yang deket dari kampus itu biasanya cepet banget sold out. Jika kamu mencarinya mendekati waktu perkuliahan, sudah dapat dipastikan kamu engga bakal dapet. Bisa jadi kalo gitu caranya kamu hanya akan dapet kos-kosan ‘sisa’ pencaharian temen-teman kamu yang lainnya.

Oleh karena itu, kamu harus mencarinya dari jauh-jauh hari. Jika misalnya perkuliahan baru dimulai akhir agustus, maka kamu harus udah mencari kosan dari pertengahan bulan juli. Jangan ngarep dapat kosan yang deket dari kampus jika mencarinya saja baru H-7 menjelang perkulihan.

2. Tanya ke Teman atau Kakak Tingkat

Nah selain kamu nyarinya harus dari jauh-jauh hari, kamu juga bisa memanfaatkan kakak tingkat kamu untuk menggali informasi seputar kosan ini. Biasanya kak kelas kamu itu udah berpengalaman tuh mengani maslah kek ginian.

Jangan Malu Nanya ke Kating
Jangan Malu Nanya ke Kating (Sumber: Pexels.com)

Jadi jangan sungkan buat nanya yaa. Biasanya kan kalo kamu udah resmi diterima di salahsatu universitas, kamu langsung dimasukkin ke grup. Baik itu grup prodi, grup universitas, ataupun grup paguyuban mahasiswa asal daerah. Nah coba manfaatkan grup tersebut untuk memanfaatkan hal ini.

3. Sering-sering Cek Info Mengenai Kosan

Selanjutnya adalah kamu harus sering update mengenai info seputar kos-kosan yang ada di deket kampus. Jika kamu belum memungkinkan untuk datang ke lokasi karena terkendalam maslaah jarak, biaya, dan sebagainya. maka kamu bisa memnafaatkan teknologi yang sekarang sudah supercanggih.

Rajin-rajin Nyari Informasi
Rajin-rajin Nyari Informasi (Sumber: Pexels.com)

Di beberapa kota besar biasanya udah ada semacam OA, baik yang ada di Line ataupun Instagram yang memang khusus membicarakan masalah ini. Biasanya di OA ini akan di update info-info seputar kosan, mulai dari lokasinya dimana, harganya berapa, fasilitasnya apa saja, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kosan.

Jadi kamu bisa memanfaatkan hal ini. Pokonya jangan sampe males nyari informasi ya. Apalagi sekarang sudah Tuhan permudah dengan kemajuan teknologi yang sudah semakin canggih.

4. Datengin Pemilik Kos nya Langsung

Hal paling efektif dan berpengaruh besar saat kamu menginginkan kosan yang berada di deket dari kampus adalah  dengan langsung action. Dengan cara apa? Dengan langsung mendatangi pemilik kosan nya. Emang ngaruh ya? Ngaruh banget dong!

Datangin Langsung ke Kosannya
Datangin Langsung ke Kosannya (Sumber: Unsplash.com)

Dengan cara nekat seperti ini kamu bakal ngedapetin informasi berharga. Kalopun di kali pertama kosannya sudah penuh dan kamu belum bisa menempati kosan itu. Maka setidaknya kamu bia minta nomer hape si pemilik kosannya.

Setelah itu kamu bilang pada pemilik kosannya, “jika di kemudian hari ada kosan kosong, segera kontak saya bu”. Dengan cara seperti ini setidaknya kamu udah ngebooking dengan cara yang halus. Palagi jika kamu datangnya sambil membawa sesuatu, martabak misalnya wkwk. Maka secara tidak langsung kamu sedang menjalin hubungan baik dengan si pemilik kosan itu.

5. Pertimbangin Hal Lainnya

Nah yang selanjuya dan menurut saya gak kalah pentingnya yaitu kamu juga harus pertimbangin hal-hal lainnya. Kosan yang deket dari kampus itu biasanya gak cuma satu. Sehingga penting banget bagi kamu untuk mempertimbangkan hal lain seperti kenyamanan, keamanan, harga, dan hal-hal lainnya.

Pertimbangin Hal Lain
Pertimbangin Hal Lain (Sumber: Unsplash.com)

Jika misalnya ada dua kosan yang jaraknya sama-sama deket. Maka kamu harus pertimbangkan secara mateng dan jangan asal-asalan pilih. Hal ini penting banget agar kamu gak menyesal di kemudian hari.

 

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jurusan Dengan Prospek Kerja Yang Paling Banyak Dicari Perusahaan Kedepannya

Sat Aug 31 , 2019
Pentingnya pendidikan memang sangat dirasakan setelah kalian telah lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas / Kejuruan. Persaingan didunia kerja yang semakin ketat mengharuskan kalian harus memiliki skill yang lebih dibanding dengan yang lain Jika anda mau mengambil jurusan ketika kuliah, usahakan agar jurusan yang diambil bisa laku dipasar yang akan […]