Baru Pertama Kali Ngekos? Ini Dia 6 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangin

Ngekos adalah kondisi dimana seseorang jauh dari tempat tinggal sebenarnya. Dan ‘terpaksa’ menginap sekaligus tinggal untuk sementara waktu di tempat tinggal orang lain. Biasanya kegiatan ngekos ini dilakukan oleh mahasiswa, pekerja, atau siapa saja yang meratau tapi engga punya sanak family. Sedih banget yaaa wkwkwk.

Gambaran Kos-kosan (Sumber: Unsplash.com)

Tapi seandainya punya sanak family pun mungkin mereka takut untuk merepotkannya dan ingin lebih mandiri aja. Jadi sebenernya banyak sih motif atau alasan kenapa seseorang memutuskan untuk ngekos. Namun nih, jika anda mahasiswa baru ataupun pekerja yang mulai bekerja di luar kota dan baru pertama kali mau ngekos. Alangkah baiknya coba deh perhatiin dulu hal-hal berikut ini.

1. Jaraknya Dekat ke tempat Beraktivitas

Ini penting banget. Pengalaman pribadi nih, saya kan sedang kuliah di Universitas Pertamina.  Nah lokasinya itu ada daerah Kebayoran lama, Jakarta Selatan. Waktu awal-awal masuk kuliah, saya ngekosnya di daerah perbatasan Jakarta Barat dan Tangerang. haha.

Jadi nih, kosan saya ada di Jakarta Barat, tapi kalo mau sholat ke masjid harus ke Tangerang wkwk. Jadi tiap hari itu saya di di tiga daerah, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, sama Tangerang wkwkwk. Bagus sih sebenarnya mah, saya jadi tau banyak tempat dan daerah. Namun sayangnya itu menguras tenaga banget.

Dekat jauhnya kosan berhubungan erat dengan waktu (Sumber: Pixabay.com)

Jadi jarak dari kosan ke kampus itu sekitar 1 jam-an. Dan itu daerah macet banget. Telat dikit, udah deh pasti lebih lama lagi. Makanya ketika sore pulang dari kampus, udah tuh mau ngapa-ngapain itu males. Karena asli capek banget. Bawaannya itu ketika udah nyampe ke kosan ya tidur. Atau kalo engga ya leye-leyean. Yang pasti ngerjain tugas ataupun yang lainnya itu males.

Saya bertahan di kosan itu sekitar satu semesteran. Setelah diskusi bareng temen, akhirnya kita pun memutuskan untuk pindah ke yang lebih deket. Alasan nya ya karena tadi itu. Alhamdulillah kalo kosan yang sekarang ke kampus itu terbilang deket lah. Hanya sekitar10 menitan kalo naik motor atau sepeda.

Walaupun emang harganya lebih mahal daripada kos-kosan sebelumnya. Tapi asli jarak ini mengubah segalanya. Sekarang saya jadi lebih produktif karena memang tenaga dan waktu saya gak dihabiskan diperjalanan. Jadi nih, bagi siapapun yang mau ngekos pastikan jarak yang di tempuh nya engga terlalu jauh yaa supaya kamu bisa lebih produkti!

baca juga: Anda Merasa Hebat?

2. Harga Sesuai Budget

Sebelum deal sama pemilik kosan, kita harus tanya-tanya dulu secara detail. Jangan sampe setelah kita membayar, eh ternyata ada hal-hal yang tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Pokonya kalo mau kita buat dulu tuh list pertanyaan-pertanyaan sebelum nyari kos-kosan. Termasuk yang paling urgent adalah masalah biaya.

Sesuaikan dengan isi dompetmu (Sumber: Pexels.com)

Biasanya kos-kosan itu ada yang dibayar bulanan ada juga yang tahunan. Ini harus kamu tanyakan sejak awal supaya disesuaikan dengan keadaan dompet kita. Terus kalo misalkan kamu ngekosnya berdua sama temen kamu, jan lupa tanya juga nambah atau engga jika ngekosnya berdua. Biasnya sih ada yang nambah, ada juga yang engga. Yang pasti tanya dulu aja supaya nanti bisa tau harus berapa sih patungannya.

Sebebernya masalah biaya ini beda-beda ya. Kalo misalkan kamu anak sultan mah bebas-bebas ae sih kayanya wkwkw. Tapi bagi orang-orang kaya saya, masalah biaya memang menjadi perhatian tersendiri. Oiya biasanya biaya emang sebanding sama fasilitas sih. Jadi silahkan dipikir secara matang. Kalo bisa mah cari yang harga miring tapi kualitas gak mengecewakan. Ada lho biasanya yang kaya gitu. Tapi ya kamu harus pinter-pinter nyari juga karena biasnaya kosan kaya gitu mah kaya anak tunggalnya pak ustadz. Cuma dikit dan diinginkan banyak orang wkwkwk.

3. Dekat Dengan Tempat Ibadah

Ini nih yang tak kalah penting. Sedeket apapun kosan kamu dari tempat beraktivitas. Dan semurah apapun harga kosannya. Walaupun kualitasnya nomor wahid, tapi jika letaknya sangat jauh dari tempat ibadah saran saya mending pikir-pikir lagi deh.

Pastikan Kosanmu deket dengan tempat ibadah (Sumber: Pixabay.com)

Bukan apa-apa, soalnya ini menyangku dengan sesuatu yang sangat besar dalam hidup kita. Apa itu? Agama. Yaa agama. Jangan sampe kita lagi asik-asik mengejar dunia, eh tiba-tiba meninggal dunia. Gak lucu kan. Makanya penting banget nih kosan kita deket sama tempat ibadah. Hal ini supaya menjaga iman kita agar engga mudah turun.

Jadi poin no 3 ini harus di notice sejak awal yaa! Sebab percuma aja kalo pada akhirnya merantau hanya menjauhkan kamu dari Tuhan. Gak berkah bro!!! Padahal yang tiap hari orangtua doakan untuk kita itu kan supaya jadi anak yang sholeh. Nah makanya mudah-mudahan dengan merantau bisa menjadi salahsatu jalan untuk diijabanya doa orangtua kita.

4. Akses Mudah Kemanapun

Akses mudah ini penting lho. Jangan sampe kita memilih kosan yang susah kemana-mana. Mau beli sabun aja harus jalan berkilo-kilo. Rempong cuyyy!!! Apalagi yang jual makanan, di deket kosan kita harus ada. Ini untuk mengantisipasi apabila suatu saat kita lapar berat dan kondisi lagi mager. Walaupun mungkin sekarang udah zamannya go-food dan kawan-kawannya. Tapi kita juga gak bakal bisa ngandelin mereka terus-terusan.

Dilalui berbagaimacam moda transportasi (Sumber: Unspalsh.com)

Selain itu juga nih, kalo bisa kosan yang mau dipilih juga harus dilalui oleh berbagai jenis transportasi umum. Baik itu angkot,  damri, transjakarta, krl, dan moda transportasi lainnya. Hal ini akan menjadi kelebihan tersendiri karena kita bisa menggunakan transportasi umum tanpa harus jauh berjalan kaki. Intinya, kosan kita akan memiliki akses mudah kemanapun saat letaknya strategis.

baca juga: Hukum Yang Wajib Diyakini

5. Lingkungan Sekitar Kosan yang Mendukung

Maksud dari lingkungan yang mendukung adalah aspek-aspek yang ada di sekitar kosan kita harus suportif. Baik dari pemilik kosan yang baik, tetangga kosan yang saling pengertian, dan hal-hal lainnya. Ini semua akan menambah kenyaman kita di tempat kos. Dan kita juga gak bakal khawatir ketika kita meninggalkan kosan selama berhari-hari sekalipun.

Pemilik kosan yang baik itu maksudnya jika memang suatu saat kita telat bayar kosan karena belum ada uangnya. Beliau pengertian. Gak kemudian nagih secara semena-mena. Ini emang susah sih. Tapi percaya, bahwa pemilik kosan seperti itu masih ada di dunia ini. bahkan nih beberapa pemilik kosan yang baik itu suka ngirim makanan ke tempat kita. Aseli, saya pernah dapet nih ibu kos-kosan yang seperti ini :)).

Tetangga yang baik adalah salahsatu hal yang harus dicari saat memilih kos-kosan (Sumber: Shutterstock)

Terus juga kita juga harus punya tetangga kosan yang pengertian. Ya biasanya sih enaknya kita tetangaan sama temen-teman kamous atau kantor kita. Tapi kalo engga pun gamasalah. Karena orang baik itu ada dimana-mana.

Contoh real nih, saya pernah ngejemur pakaian kan. Eh ternyata siangnya ujan. Wah udah panik tuh dikampus karena jemuran gak bakal kering. Tapi ternyata ketika sorenya pulang dari kampus, jemuran tiba-tiba udah ada yang ngangkatin. Ulah siapa itu? Tentunya ulah tetangga kosan kita yang baik itu. Maknya penting banget tuh orang-orang disekeliling kosan kita itu adalah orang-orang yang saling pengertian.

 6. Aman

Banyak kasus nih yang walapun keenam hal diatas sudah terpenuhi.  Tapi rupanya kosannya gak aman. Jadi banyak barang2 pribadi ataupun yang lainnya hilang secara gaib. Bahkan ada juga loh yang sampe hilang motor.

Nyesseeek kan. Udah kita ngerantau, jauh dari keluarga, uang pas-pasan. Eh malah hilang motor. Tapi tentunya itu sudah takdir dari yang Maha Kuasa. Jika memang sudah kejadian, semoga Allah menggantinya dengan yang lebih baik.

Kosan dipastikan aman sebelum berergian (Sumber: Pexels.com)

Tapi jika belum, saya doakan semoga engga sampe kejadian. Ya salahsatu ikhtiar optimal yang bisa kita adalah dengan nyari kos-kosan yang aman. Dari mana bisa taunya? Coba cari track record-nya dengan tanya ke warga-warga serkitar.

Nah itu dia 6 tips yang wajib diperhatiin sebelum kamu memutuskan untuk ngekos di suatu tempat. Gak saklek sih, itu masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan temen-temen semua. Dan rasanya memang gak mudah sih punya kosan yang enam kriteria itu terpenuhi semua.

Jika memang keenam hal itu bisa dipenuhi semua, saya nyatakan kamu adalah salahsatu orang beruntung di dunia wkwkw. Tapi setidaknya saat empat sampe lima halnya udah terpenuhi juga sih udah okee lah yaa.

Jadi yang baru mulai mau ngekos, atau yang sudah ngekos tapi rupanya keenam poin itu belum dipenuhi. Saya sarankan, coba pertimbangin lagi dengan baik yaa… Tujuannya bukan apa-apa sih, supaya kita semua merasa nyaman, jauh lebih produktif, dan pastinya bisa jauh lebih bahagia :)). (ID)

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sejarah Rendang

Wed Aug 7 , 2019
Indonesia, merupakan negara yang luas dan kental akan keanekaragaman budaya. Terbentang dari Sabang hingga Marauke dan terbagi menjadi 34 provinsi yang tentu saja setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing. Uniknya, makanan khas daerah-daerah di Indonesia tidak hanya memiliki cita rasa yang enak, namun juga ada hal-hal yang bisa kita petik […]