5 Kuliner Khas Kendari yang Sayang Untuk Dilewatkan

Kamu hobi berwisata kuliner? Jika iya maka kamu perlu mencoba makanan khas Kendari yang begitu lezat dan bisa membuat kamu ketagihan. Kendari sendiri merupakan salah satu wilayah di Sulawesi Tenggara yang menyimpan potensi wisata dan keindahan alam yang menawan.

Selain itu, sama halnya dengan daerah lainnya, Kendari juga punya banyak kuliner khas yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Apa saja sih makanan khasnya? Berikut ulasannya.

1. Sate Gogos Kopea

Sate Gogos Kopea
Sate Gogos Kopea (Sumber: lifestyle.sindonews.com)

Makanan khas Kendari pertama yang harus kamu cicipi bernama Sate Gogos Pokea. Kuliner yang satu ini berasal dari daerah Konawe dan sudah ada sejak tahun 80an. Saat ini, sate gogos pokea telah menyebar ke berbagai penjuru Sulawesi Tenggara, terutama di kota Kendari.

Sate ini cukup unik karena bukan berasal dari daging sapi ataupun ayam, melainkan dari kerang. Kamu bisa menghidangkan sate pokea ini bersama gogos atau dimakan langsung. Rasanya gurih dan lezat. Kamu juga bisa bawa pulang kuliner yang satu ini untuk ditambah dengan olahan lain.

Baca juga: Tempat Makan di Kendari

2. Sinonggi

Sinonggi
Sinonggi (Sumber; Seruji.co.id)

Sinonggi merupakan makanan khas Kendari yang berasal dari Suku Tolaki. Olahan kuliner yang satu ini terbuat dari sari pati sagu yang kemudian diolah bersama kuah rempah. Berkat kuah rempah yang diracik oleh masyarakat sana, kudapan ini menghasilkan rasa gurih yang nikmat.

Masyarakat Suku Tolaki sendiri punya tradisi menyantap Sinonggi ini rame-rame. Tradisi makan sinonggi bareng-bareng ini ini dinamakan Mosonggi. Sayangnya makanan khas Sulawesi Tenggara ini keberadaanya mulai langka. Jika pada awalnya sinonggi ini merupakan makanan pokok masyarakat setempat,  kini keberadaannya mulai sedikit tergantikan karena keberadaan nasi.

3. Kasuami

Kasuami
Kasuami (Sumber: beritagar.id)

Panganan tradisional khas Kendari yang selanjutnya terbuat dari ubi, namanya Kasoami. Kuliner yang satu ini kerap sekali melengkapi sajian makanan khas Sulawesi Tenggara yang lainnya. Biar makin muantaaaps, kudapan ini paling pas jika disantap bersama dengan ikan asin.

Kasuami sendiri sudah sangat populer di masyarakat kendari. Saking terkenal nya, kamu bisa menemukan makanan yang satu ini hampir di setiap rumah makan di Kendari. Pokonya rugi banget deh kalo kamu ke Sulawesi Tenggara atau ke Kendari tapi belum nyoba Kasuami. Rasanya itu serasa belum pernah berkunjung aja!

Baca juga: Tempat Nongkrong di Surabaya

4. Lapa-lapa

Lapa-lapa
Lapa-lapa (Sumber: Putratravel.net)

Lapa-lapa merupakan makanan khas Sulawesi Tenggara, tepatnya berasal dari daerah Buton. Kudapan yang satu ini sanagat populer disana tak terkecuali di Kendari. Memiliki cita rasa gurih, kuliner tradisional yang satu ini kerap muncul pada bulan Ramadan. Masyarakat setempat biasanya menikmati Lapa-Lapa ini bersama dengan ikan asin.

Salah satu ikan asing yang terkenal enak di Kendari dan sering dijadikan teman makan lapa-lapa adalah ikan Kaholeonarore. Ikan ini memiliki cita rasa yang khas sehingga cocok banget saat dihidangkan bersama lapa-lapa. Nah bagi kamu yang berkunjung ke Kendari pastikan untuk mencoba makanan khas yang satu ini. Jangan sampe terlewat pokonya mah.

5. Pisang Epe

Pisang Epe
Pisang Epe (Sumber: Putratravel.net)

Kuliner khas Kendari yang terakhir adalah Pisang Epe. Dari namanya ketaun ya, kalo bahan dasar dari makanan ini adalah pisang, tepatnya jenis pisang kapok yang dibakar setengah matang lalu dipipihkan. Setelah itu, pisang kapok akan dibakar lagi dan dihidangkan dengan gula merah yang telah dicairkan.

Gimana rasanya? tentu saja manis dan nikmat. Tapi bagi kamu yang pengen mencicipi rasa berbeda, pembuat pisang epe juga menyediakan variasi. Kamu bisa mencoba pisang epe dengan variasi buah durian dan lainnya. Atau rasa orisinal yaitu pisang dan gula merah yang masih menjadi favorit bagi mereka yang pengen nyoba cita rasa khas dari kendari.

Sumber:

Putratravel.net/makanan-khas-kendari/

Makananoleholeh.com/makanan-khas-kendari/

Tokopedia.com/blog/travel-makanan-khas-kendari-sulawesi-tenggara/

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kuliner Khas Mataram yang Menguguah Selera

Tue Mar 24 , 2020
Berada di wilayah Lombok, Mataram menyajikan beragam jenis makanan khas yang memiliki rasa yang unik dengan perpaduan bumbu yang lezat dan sedap. Karena letaknya yang gak jauh dari Lombok, kuliner di Mataram juga hampir sama dengan kuliner yang banyak kamu temui di Lombok. Tapi tentu saja banyak juga kuliner khas […]
Sate Bulayak