5 Kuliner Khas Sukabumi

Sukabumi merupakan sebuah nama daerah yang berada di kawasan Jawa Barat. Daerah yang satu ini terkenal dengan obyek wisata yang menarik. Geopark Ciletuh, Jembatan Situ Gunung, dan Danau Batu bacan hanyalah segelintir objek wisata dari sekian banyak yang lainnya. Keadaan ini membuat Sukabumi menjadi tujuan liburan masyarakat, baik lokal maupun mancanegara.

Selain itu, Sukabumi juga memiliki banyak makanan khas yang dapat memanjakan lidah kamu. Bahkan nih, beberapa diantaranya kamu pasti gak asing lagi. Nah, kalau kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Sukabumi, makanan berikut ini engga boleh kamu lewatkan.

Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom
Nasi Tutug Oncom (Sumber: Resepkoki.id)

Sambal dan lalapan merupakan ciri khas dari masakan yang berasal dari tanah Sunda. Di Sukabumi, terdapat satu sajian khas yang membuat makan dengan sambal dan lalapan ini menjadi lebih nikmat. Apa itu? Nasi tutug oncom.

Nasi tutug oncom merupakan hidangan nasi dicampur dengan oncom yang sudah matang dan diberi bumbu. Jadi rasanya lebih gurih dan nikmat. Kelezatan dari kuliner yang satu ini sudah sangat tersohor ke penjuru negeri. Penyajiannya pun dapat dilakukan dengan berbagai lauk pauk khas Sunda lainnya.

Mochi

Kue Mochi
Kue Mochi (Sumber: Resepkuekomplit.com)

Jika kamu ke Sukabumi, makanan manis ini akan sangat sering kamu temui di sepanjang jalannya. Dulu, isian mochi hanya terdiri dari kacang tanah yang dihaluskan. Namun seiring dengan tumbuhnya kreativitas dan permintaan penikmat kuliner, untuk saat ini mochi bisa kamu nikmati dengan varian isian berupa coklat, wijen, stroberi, hingga durian.

Mochi ini biasanya dijual dengan menggunakan kotak yang terbuat dari anyaman bambu. Namun begitu, kini sudah ada mochi dengan bungkusan baru yang terbuat dari kotak kertas. Makanan yang satu ini memiiki tekstur yang kenyal serta rasa yang cukup manis. Bukan hanya sebagai oleh-oleh, mochi juga cocok sebagai teman kamu di selama berkeliling di Sukabumi.

Baca juga: Usaha Kuliner Punya Anak Jokowi

Surabi Sukabumi

Surabi Sukabumi
Surabi Sukabumi (Sumber: Abowlofclover.com)

Surabi memang sudah identik sebagai kue khas yang berasal dari Jawa Barat. Kita mungkin sering ngedenger kalo di Bandung banyak surabi enak yang bisa ditemukan. Tapi yang banyak orang belum tahu, ternyata Sukabumi juga punya lho surabi khas-nya sendiri.

Surabi Sukabumi ini biasnya terbuat dari durian. Belum pernah kan kamu menemukan kue surabi berbahan durian? Oleh karena itu, jika sedang mengunjungi Sukabumi, jangan sampai melewatkan kuliner khas ini. APalagi bagi kamu penikmati durian sejati. Rasa durian yang khas dari kota Sukabumi ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi mereka yang mengunjungi Sukabumi.

Bubur Nunut

Bubur Nunut
Bubur Nunut(Sumber: Wisataku.id)

Belum lengkap rasanya jika kamu mengunjungi Sukabumi tapi engga mencoba bubur bunut. Pada dasarnya, bubur bunut merupakan masakan kuliner khas Sukabumi yang sangat pas untuk dijadikan sebagai sarapan di pagi hari. Kuliner yang satu ini engga akan membuat perut terasa kenyang, tapi dijamin cukup untuk mengganjal perut. Karenanya, bubur nunut ini perlu kamu santap dikala pagi sebelum beraktifitas.

Bandros

Bandros Sukabumi
Bandros Sukabumi (Sumber: Sportourism.id)

Bandros merupakan kue yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan juga santan. Di Jakarta, kue ini disebut juga dengan kue rangi. Kalo di Jakarta kue ini sering dimakan dengan siraman kinca gula merah atau durian. Di Sukabumi sendiri bandros dimakan tanpa taburan atau hanya dengan taburan kelapa tua yang parut saja,

Namun tak perlu khawatir, rasa tradisional dengan taburan kelapa saja dijamin sudah terasa nikmat. Apalagi jika ditemani dengan segelas minuman hangat. Untuk saat ini, sudah banyak variasi bandros dengan taburan atas yang lebih kekinian seperti coklat, keju, dan green tea.

 

Referensi:

1. Lagimakan.com/makanan-khas-sukabumi

2. Teen.co.id/read/7485/ini-5-makanan-khas-sukabumi-yang-tidak-boleh-kamu-lewatkan-ketika-berwisata

3. Gotravelly.com/blog/makanan-khas-sukabumi

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Artis Terkaya di Indonesia Tahun 2019 Versi Forbes

Wed Aug 28 , 2019
Menjadi seorang artis seringkali dicita-citakan oleh banyak orang. Kenapa? Sebab profesi yang satu ini memiliki pekerjaan yang terlihat mudah, menyenangkan dan bisa menghasilkan uang yang banyak. Dengan hanya memainkakan sebuah peran pada sebuah sinetron, film atau iklan, kamu akan dikenal oleh banyak orang dan tentunya kamu akan mendapatkan penghasilan yang […]
Raffi Ahmad