Kamu Tau Gak? Ini Dia 3 Usaha Kuliner Milik Anak Jokowi!

Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep merupakan kedua putra dari Presiden Indonesia ke-7 Indonesia, yakni Joko Widodo. Sebagaimana diketahui, kedua putra dari Jokowi ini dikenal tekun dan ulet dalam dunia bisnis atau wirausaha. Kedua kakak-beradik ini sama-sama menjalankan bisnis yang bergerak dalam bidang kuliner yang saat ini sudah dikenal luas oleh banyak orang.

Gibran (kiri) dan Kaesang (kanan)
Gibran (kiri) dan Kaesang (kanan) (Sumber: shopback.co.id)

Sebenarnya ada banyak usaha yang dibuka oleh kedua anak Jokowi ini. Mulai dari clothing, cafe, hingga resto. Setelah Gibran lebih dulu terjun ke dunia bisnis, kini Kaesang pun tak mau ketinggalan untuk mengikuti jejak langkah kakaknya itu.

Dari berbagaimacam bisnis yang dijalani kedua kakak-beradik ini, ada satu kesamaan. Yaitu mereka kompak untuk membuka usah kuliner. Lalu apa sih usaha kuliner milik mereka berdua?

1. Markobar

Siapa sih yang engga kenal dengan Markobar? Saya yakin hampir semua orang pasti mengetahuinya, atau paling engga pernah mendengar namanya. Markobar merupakan usaha martabak milik Gibran Rakabuming, anak sulung dari Joko Widodo. Markobar ini merupakan usaha kuliner milik Gibran yang berfokus dengan kudapan martabak manis.

Penampilan Markobar Milik Gibran
Penampilan Markobar Milik Gibran (Sumber: Liputan6.com)

Beberapa waktu kebelakang, martabak anak presiden ini sempat diburu oleh para pecinta kuliner. Bukan hanya diburu, Markobar ini pun sempat hits di sosial media. Tangan dingin Gibran berhasil menyulap martabak konvensional sehingga tercipta sebuah trend martabak yang baru. Kesederhanaan martabak tiba-tiba naik kelas dengan beragam topping dan cara penyajian yang berbeda daripada martabak lainnya.

Berawal dari Solo kini Markobar sudah bisa dinikmati di berbagai kota besar di Indonesia. Mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Medan, Banjarmasin, Makassar, dan beberapa kota besar lain. Sampai dengan saat ini brand kuliner ini telah membuka sebanyak 33 outlet di seluruh Indonesia.

Baca juga: Yang Unik Dari Ekologi Kafe

2. Sang Pisang

Jika Markobar merupakan milik dari Gibran Rakabuming. Maka Sang Pisang adalah milik dari dari putra sulung Joko Widodo, yakni Kaesang Pangarep. Usaha pisang nugget ini sudah dibuka semenjak Desember 2017 lalu dan kini sudah memiliki beberapa outlet yang tersebar dibeberapa kota yang ada di Indonesia.

Beberapa Varian Rasa Sang Pisang Milik Kaesang
Beberapa Varian Rasa Sang Pisang Milik Kaesang (Sumber: Nibble.id)

Sang Pisang ini lahir karena pria berusia 24 tahun ini engga mau ketinggalan dengan trend kekinian. Kaesang yang usianya masih muda bisa dikatakan sangat pintar dalam membaca peluang dan kesempatan. Seperti yang kamu ketahui kalo pada tahun itu sedang ngetrend camilan dari olahan pisang yang biasa disebut dengan banana nugget.

Terinspirasi dari sanalah, akhirnya Kaesang membuat Sang Pisang ini. Tak jauh beda dengan pisang nugget yang sudah ada di pasaran. Sang Pisang pun juga mengedepankan aneka ragam toping biar gak monoton. Sejak hari pertama Sang Pisang buka, banana nugget milik Kaesang ini hampir gak pernah bersisa alias selalu sold out. Salah satu cara promosi yang dilakukan Kaesang untuk mengenalkan brand nya ke masyarakat luas adalah dengan memberikan promo-promo menarik di awal pembukaan Sang Pisang.

3. Ternakopi

Walaupun Kaesang terbilang baru terjun ke dunia bisnis kuliner, namun langkahnya seolah tak bisa dihentikan. Hal ini terlihat dari keputusan Kaesang yang terus melebarkan sayapnya di dunia bisnis kuliner dengan membuka Ternakopi. Peluncuran produk kopi itu dilakukan belum lama ini, tepatnya pada tanggal 6 April 2019 lalu.

Grand Opening Ternakopi
Grand Opening Ternakopi di Jakarta (Sumber: Food.detik.com)

Baru 2 bulan saja di buka, saat ini Ternakopi sudah mempunyai 7 gerai yang tersebar di beberapa wilayah. Lewat brand barunya ini, Kaesang bahkan dengan senang hati menyebut dirinya sebagai “Kang Kopi”. Kedai kopi yang mengusung tagline “Karna Ini Kopi Ter-enak” ini menawarkan berbagai varian cold brew yang mengusung cita rasa kopi khas Indonesia.

Terdapat beberapa varian kopi kemasan mulai dari Kopi Original, Kopi Taro, Kopi Avocado, Kopi Caramel, Kopi Greentea, Kopi Gula Jawa, Kopi Vanila, Kopi Coklat, Kopi Hazelnut,  hingga Kopi Mint yang dijual seharga Rp20 ribu.

Itu dia tiga bisnis kuliner yang sedang ditekuni oleh kedua putra Jokowi. Biar gak penasaran, bisa juga kamu untuk langsung mengunjungi outlet-outlet yang bisa jadi sudah ada dikotamu. Kalaupun masih belum tenang saja, sebab saat ini mereka berdua sedang terus mengembangkan usahanya itu supaya bisa dibuka lebih banyak outlet lagi yang tersebar di seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

 

Referensi:

1. www.shopback.co.id/blog/bisnis-kuliner-anak-presiden-jokowi-yang-bisa-ditiru/amp

2. m.liputan6.com/lifestyle/read/3998323/menengok-bisnis-kuliner-terbaru-anak-anak-jokowi

3. food.detik.com/berita-boga/d-4555033/dalam-2-bulan-kaesang-pangarep-kang-kopi-buka-7-gerai-ternakopi

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ini Dia 3 Artis Korea yang Beragama Muslim

Thu Aug 22 , 2019
Dunia hiburan yang berasal dari korea memang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, khususnya para anak muda atau millenials. Saking banyaknya para penggemar K-Pop atau K-Drama di Indonesia, beberapa artis korea bahkan tak sedikit yang sudah menyapa penggemarnya di negeri ini. Dengan antusias masyarakat Indonesia yang sangat besar terhadap hiburan yang […]