5 Kuliner Khas Tanjung Selor, Kamu Suka yang Mana?

Kalo kamu belum tahu dimana itu kota Tanjung Selor, berarti mainnya belum jauh inih. Tanjung Selor merupakan kota yang terletak di bagian Pulau Kalimantan dan merupakan Ibu Kota Kalimantan Utara. Kota ini memiliki sejarah panjang terkait perdagangan di masa lampau sehingga menambah kekayaan kuliner yang ada di kota ini.

Nah kalo kamu berkunjung ke Kalimantan Utara, sempatkan untuk mencoba kuliner khas Tanjung Selor berikut ini, dijamin deh kamu engga bakal rugi. Biar gak makain penasaran yukkk langsung disimak aja!

1. Nasi Subut

Nasi Subut
Nasi Subut (Sumber: Travelersmagz.com)

Nasi memang jadi makanan pokok di hampir semua penjuru Nusantara. Namun perihal membuatnya, terdapat ragam variasi olahan nasi yang menjadi ciri khas tiap daerah masing-masing. Begitu juga dengan di Tanjung Selor. Disini kamu bisa menemukan nasi dengan resep ciri khas, yakni Nasi Subut.

Tampilanya yang unik karena punya warna yang keunguan, membuat kuliner ciri khas Tanjung Selor ini menggota siapa saja untuk mencicipinya. Warna ungu ini sendiri berasal dari ubi ungu yang dicampur pada proses pembuatan nasi ini. Engga cuma ubi ungu, nasi subut juga dilengkapi bulir jagung serta beberapa bumbu pemicu yang tentunya nambah gurih dan juga nikmat.

Baca juga: Tempat Makan di Tarakan

2. Ikan Asin Richa

Ikan Asin Richa
Ikan Asin Richa (Sumber: Travelersmagz.com)

Ikan asin richa sangat cocok untuk dijadikan pendamping nasi subut. Kuliner khas Kalimantan Utara yang satu ini juga dikenal dengan nama ikan asin pedas atau gami. Ikan asin richa umumnya diolah dengan cara dutumis. Setelah itu biasanya juga ditambah saus gurih dan dimakan bareng sayur singkong tumis biar lebih muantaaap.

Cita rasanya dominan pedas dan asin. Sebagai informasi nih, kudapan yang satu ini merupakan salah satu produk unggulan dari Kalimantan Utara, khususnya Tarakan. Rasanya yang enak enak membuat harus banget jadi pilihan saat kamu jalan-jalan ke Tanjung Selor dan sekitarnya.

3. Olahan Kerang Tudai

Kerang Tudai
Kerang Tudai (Sumber: travelingyuk.com)

Kerang tudai merupakan hewan laut yang banyak ditemukan di Tanjung Selor, khusunya di daerah Bulungan. Makanya kamu bakal menemukan banyak olahan makanan yang berbahan dasar kernag tudai ini. Kerang yang satu ini punya ciri-ciri dagingnya tebal dengan cangkang kehitaman ataupun jingga.

Biasanya, olahan kerang tudai ini dijadikan hidangan dalam acara-acara tertentu pesta adat ataupun juga perayaan pernikahan. Sementara untuk penyajiannya biasanya di buat sambal goreng ataupun hanya sekedar di rebus biasa. Pokonya kamu wajib coba deh kuliner khas Tanjung Selor yang satu ini.

4. Sate Ikan Pari

Sate Ikan Pari
Sate Ikan Pari (Suber: reservasiku.com)

Kamu mungkin sudah biasa ya makan sate ayam atau kambing, tapi gimana dengan sate ikan pari? Sudah pernah nyoba belum? Nah kalo kamu penasaran rasanya seperti apa maka cobalah makanan khas Tanjung Selor yang satu ini. Cita rasanya unik dan berbeda lho.

Rasanya itu lembut namun penuh kejut. penyebabnya mungkin karena rempah-rempah rahasia yang digunakan untuk membumbuinya. Apalagi ditambahkan madu dan kecap manis menjadikan hidangan yang satu ini sangat yummy. Saat dibakar, kecap manis dan madu ini akan mengikat seluruh rasa yang ada, menghasilkan sensasi legit yang bikin ketagihan.

Baca juga: Tempat Nongkrong di Semarang

5. Lawa

Lawa
Lawa (Sumber: reservasiku.com)

Kamu mungkin agak asing saat pertama kali lihat bentuknya, tapi perlu kamu ketahui kudapan yang satu ini cukup populer lho di Tanjung Selor. Lawa merupakan hidangan khas dari Kerajaan Bulungan, yang merupakan kerajaan berada di wilayah Kalimantan Utara. Kudapan ini terbuat dari bahan dasar timun dan rumput laut.

Kedua bahan tersebut kemudian diolah dengan kelapa sangrai dan udang galah ataupun kerang-kerangan. Rasanya yang menyegarakan membuat kuliner khas Tanjung Selor yang satu ini seringkali dijadikan sebagai menu makanan pembuka. Oiya lawa juga sangat difavoritkan untuk dicicipi sebelum akan memulai hidangan utama.


Sumber:

travelersmagz.com/2019/03/13/5-makanan-enak-khas-tanjung-seloryang-cocok-buat-kamu-yang-lagi-kangkeralias-kantong-kering/

tokopedia.com/blog/travel-makanan-khas-tanjung-selor-kalimantan-utara/

reservasiku.com/mencoba-lezatnya-7-wisata-kuliner-khas-tanjung-selor-di-kalimantan-utara/

travelingyuk.com/wisata-kuliner-surabaya-pagi-malam/239498

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kuliner Khas Ternate yang Menggugah Selera

Sat May 9 , 2020
Engga cuma pantai dan pulau-pulaunya  yang indah, ternyata Ternate juga punya kuliner khas yang bisa dibilang unik dan tentunya beda dari daerah lainnya. Kamu mungkin engga pernah menyangka kalo tenyata makanan khas Ternate ini sangat disukai oleh wisatawan yang berkunjung kesana. Memang sih rasa masakannya berkualitas sekali, sampai-sampai membuat orang […]
Ikan Kuah Pala Banda