5 Kuliner Khas Tarakan yang Menggugah Selera

Tarakan merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Kalimantan Utara. Nama Tarakan sendiri berasal dari Bahasa Daerah Tidung yaitu “tarak” yang berarti tempat bertemu dan “ngakan”. Asal-usul ini disinyalir karena dahulu kota ini merupakan tempat bertemunya para pelaut dan pedagang di daerah Tidung untuk beristirahat, makan, dan tentunya saling barter barang atau hasil tangkapan mereka.

Sebagaimana daerah lainnya, kini kota yang masuk dalam peringkat 17 kota terkaya di Indonesia ini menyimpan berbagai varian kuliner khas yang cukup memikat wisatawan untuk berkunjung ke kota ini. Apa aja itu? Yukk langsung disimak aja!

1. Sate Temberungun

Sate Temberungan
Sate Temberungan (Sumber; Idntimes.com)

Mungkin sebagain dari kita masih asing ya dengan kata temberungan. Atau jangan-jangan ada yang baru denger istilah temberungan ini? Nah bagi yang belum tau, temburungun merupakan biota laut yang serumpun dengan kerang. Bedanya terletak pada tekstur kulitnya karena temberungan ini kulitnya melingkar seperti terompet.

Diracik menggunakan rempah-rempah setempat, temberungun ini paling muantaaap saat diolah menjadi sate. Bagi kamu yang merupakan penggila seafood, pokonya wajib mencicipi deh olahan khas Tarakan yang satu ini. Oiya, sate temberungan ini paling populer disantap saat malam menjelang pergantian tahun baru.

Baca juga: Tempat Nongkrong di Tarakan

2. Sambal Goreng Tudai

Sambal Goreng Tudai
Sambal Goreng Tudai (Sumber: Cookpad.com)

Setiap wilayah yang ada di nusantara memiliki sambal khas nya masing-masing, begitu juga dengan di Tarakan. Disini kamu bakal menemukan sambal goreng tudai yang terbuat dari aneka bumbu rempah, cabai, dan juga daging kerang darah atau yang biasa disebut tudai.

Kuliner yang satu ini kerap menjadi makanan khas saat acara pesta pernikahan. Untuk menambah kegurihan dan kenikmatannya, sambal goreng tudai ini biasanya disajikan bersama tempe dan tahu. Saat kamu mencium aroma dan melihat hidangan yang satu ini, dijamin deh perut bakal keroncongan dan nafsu makan akan meningkat.

3. Olahan Kepiting Soka

Kepiting Soka Goreng
Kepiting Soka Goreng (Sumber: Selaras.com)

Olahan kuliner khas Tarakan memang didominasi oleh cita rasa laut, begitu juga dengan kudapan yang satu ini. Berbeda dengan kepiting pada umumnya, kepiting soka merupakan kepiting yang memiliki cangkang yang lebih lunak. Jadi hampir seluruh bagian tubuhnya bisa dikonsumsi, tanpa harus membuang kaki dan capitnya.

Nah berbagaimacam olahan dari kepiting soka ini bakal mudah kamu temui di sepanjang jalan hingga restoran.  Cara memasaknya pun cukup beragam. Namun, salah satu favoritnya yaitu dengan cara digoreng tepung dan bumbu asam manis.

Baca juga: Tempat Nongkrong di Cirebon

4. Sayur Singkong Tumbuk

Daun Singkong Tumbuk
Daun Singkong Tumbuk (Sumber: Cahnnelmuslim.com)

Kalo kamu ke Tarakan, kamu bakal menemukan berbagai macam olahan umbi-umbian dengan mudah, salah satunya singkong. Tapi bukan cuma umbi nya aja lho yang diolah, tapi daunnya juga, contohnya adalah olahan daun singkong yang ditumbbuk. Olahan daun singkong yang satu ini paling disukai oleh masyarakat Tarakan. Apalagi dimasak menggunakan ikan teri, kecombrang, dan santan tentunya membuat kudapan ini lebih gurih.

Selain yummy, ternyata makanan yang satu ini juga menyehatkan lho. Dibuat dengan cara ditumbuk untuk menghilangkan racun pahit yang adadalam daun singkong, kuliner khas Tarakan yang satu ini juga rupanya mengandung zat hijau daun yang mampu mencegah tubuh dari berbagaimacam penyakit. Wouww keren kan.

5. Kue Ciput

Kue Ciput
Kue Ciput (Sumber: resepnusnatra.id)

Beralih ke kuliner yang lainnya nih. Sekarang mari kita lihat kudapan yang manis-manis, salahsatunya yaitu kue ciput. Terbuat dari kue renyah yang diisi dengan fla, kue khas Tarakan  yang satu ini memiliki bentuk seperti keong. Hal ini membuatnya tampil menarik dan menggoda untuk dicicipi.

Selain itu, bentuk dari kue yang satu ini mirip cone es krim dengan topping kismis di atas krim fla. Pengen tau rasanya kaya apa? Yang pasti renyah dan manisnya itu berpadu jadi satu lho, ah memanjakan lidah banget pokonya mah!

Nah itu dia beberapa makanan khas Tarakan yang direkomendasikan selama kamu ada di sana. Kira-kira mana yang paling menggugah seleramu nih?

 

Sumber:

Tokopedia.com/blog/travel-makanan-khas-tarakan/

Idntimes.com/food/dining-guide/naufal-al-rahman-1/kuliner-khas-tarakan/full

Pagunpost.com/2015/03/makanan-khas-tarakan-yang-wajib-anda.html

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Makanan Khas Lampung

Tue Dec 3 , 2019
Provinsi Lampung berada tidak terlalu jauh dari Ibukota. Hanya dengan berkendara kurang lebih tiga jam lalu menyeberang laut dengan menggunakan kapal feri selama kurang lebih 3 jam, Maka kalian sudah bisa tiba di kota yang terkenal dengan kualitas pisang yang tinggi. Tahukah kamu? Kalau Lampung merupakan salah satu wilayah di […]
Seruit Lampung - Okezone.com