5 Makanan Khas Lampung

Provinsi Lampung berada tidak terlalu jauh dari Ibukota. Hanya dengan berkendara kurang lebih tiga jam lalu menyeberang laut dengan menggunakan kapal feri selama kurang lebih 3 jam, Maka kalian sudah bisa tiba di kota yang terkenal dengan kualitas pisang yang tinggi.

Tahukah kamu? Kalau Lampung merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang banyak tersedia makanan lezat dan juga khas.

Nah, buat kamu yang bingung kira-kira apa saja makanan enak yang jadi rekomendasi ketika berlibur ke Lampung, berikut 5    makanan khas Lampung yang wajib banget kamu coba guys!

Geguduh Lampung

Geguduh – Cookpad.com

Makanan ini merupakan sejenis kue yang bahan baku utamanya adalah pisang pisang yang dihaluskan sampai lembut. Pisang yang sudah dihaluskan ditambah dengan tepung terigu, diaduk hingga merata lalu kalian bisa menambahkan susu, selai, dan rasa lainnya sebelum kemudian digoreng dan disajikan sebagai teman minum kopi atau juga nikmat sebagai sajian dalam acara-acara tertentu.

Jenis pisang yang digunakan adalah pisang kapok. Supaya lebih beraroma akan diberi tambahan daun pandan dan air kapur sirih. Geguduh sangat cocok jika dijadikan sebagai oleh-oleh saat anda memang sedang berlibur di lampung.

BACA JUGA : Tempat Nongkrong Seru di Lampung

Gabing Lampung

Gabing adalah makanan yang berbahan dasar batang kelapa yang masih sangat muda atau biasanya disebut sebagai pondoh. Pondoh tersebut kemudian dipotong menjadi lempengan tipis memanjang dengan ukuran 4 cm. Setelah itu rebus lempengan tersebut dengan air yang telah diberi bumbu khas Lampung.

Gabing - Tribunnews.com
Gabing – Tribunnews.com

Makanan ini memang merupakan jenis masakan berkuah karena cara memasaknya seperti membuat sayur. Supaya terasa lebih nikmat anda bisa tambahkan daging, jamur atau bahan lainnya yang akan membuat gabing semakin istimewa.

Seruit Lampung

Makanan ini sangat khas sekali di Lampung dan biasanya akan disajikan sebagai hidangan saat acara penikahan dan acara adat keagamaan. Makanan ini sangat istimewa dan bahkan menjadi salah satu makanan pokok masyarakat pepadun.

Seruit Lampung - Okezone.com
Seruit Lampung – Okezone.com

Bahan yang digunakan untuk membuat makanan khas lampung ini adalah ikan yang dimasak dengan cara di bakar. Bumbu yang digunakan adalah terasi, tempoyak atau mangga. Tempoyak adalah daging durian yang difermentasi sehingga akan memiliki aroma sangat kuat. Namun, jika kalian tidak menyukai aroma tempoyak maka, bisa memilih seruit dengan mangga segar yang menggoda.

Jenis ikan adalah besarnya ikan sungai seperti belide, baung, layis dll, ditambah lalapan.

BACA JUGA : Tempat Wisata Kuliner di Lampung

Tempoyang Lampung

Makanan khas yang selanjutnya adalah tempoyang atau yang lebih dikenal dengan tempoyak. Tempoyak terbuat dari bahan dasar daging durian yang sudah matang dan kemudian difermentasikan.

Sambal Tempoyak
Sambal Tempoyak (Sumber: Idntimes.com)

Cara untuk membuat tempoyak terbilang mudah. Buah durian kualitas terbaik dengan kadar air yang banyak dan legit kemudian dipisahkan dengan bijinya. Selanjutnya diberi garam dan cabai. Jika sudah maka bisa disimpan di kulkas selama 5 hari.

Jika sudah selesai maka tempoyang bisa digunakan sebagai pelengkap ikan bakar khas lampung. Tempoyak juga biasanya dijadikan sebagai bahan dasar sambal goreng yang khas.

Kemplang Lampung

Makanan khas Lampung memang kebanyakan berbahan dasar ikan. Makanan selanjutnya yang terbuat dari ikan adalah kemplang. Makanan ini berasal dari Bandar Lampung.

Kemplang
Kemplang – Sumber gambar : Tokopedia.com

Kemplang adalah makanan sejenis kerupuk yang dibuat dengan cara yang sangat mudah karena cara memasaknya hanya dengan dipanggang. Makanan ini akan sangat cocok dinikmati bagi kalian yang tidak suka dengan makanan berminyak.

Rasa kemplang sangatlah gurih dan juga renyah. Kemplang cocok dijadikan cemilan ataupun sebagai lauk makan. Dan makanan ini sangat cocok untuk dijadikan buah tangan untuk diberikan kepada kerabat terdekat anda.

Sumber Referensi :

https://makananoleholeh.com/makanan-khas-lampung-enak/

 

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Tempat Nongkrong Hits di Bekasi

Sat Dec 7 , 2019
Ada banyak sekali tempat nongkrong yang bisa kamu pilih di Bekasi. Lumayan lah, bisa jadi alternatif buat kamu kalo lagi bosen nongkrong di Jakarta. Namanya nongkrong, ya biasanya yang dituju itu kafe atau coffee shop. Betul engga? Nah Salah satu pertimbangan dalam memilih tempat nongkrong itu adalah suasananya yang nyaman dan […]
Koma Junkyard