5 Tempat Makan di Garut yang Tak Boleh Dilewatkan

Perlu diketahui bahwa Garut bukan hanya sekedar kota Dodol. Kota yang memiliki julukan Swiss Van Java ini memiliki banyak destininasi wisata alam yang sanagat menakjubkan. Sebut saja Taman Wiata Alam Papandayan, Talaga Bodas, Curug Sanghyang Taraje, dan masih banyak lagi keindahan alam yang ada di Kota Intan ini.

Selain dikenal sebagai daerah yang berudara sejuk dan menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata, Garut juga punya banyak kuliner enak dan lezat yang wajib kamu cicipi. Jika berbicara masalah kuliner memang Garut seolah tak kehabisan inovasi dalam berkreasi. Namun khusus pada artikel ini, akan diuranikan 5 tempat makan di Garut yang bakal ngebantu memanjakan perut kamu setelah lelah berkeliling menikmati pemandangan Garut yang begitu eksotis. Apa saja itu?

1. Nasi Liwet Pak Asep Stroberi

Nasi Liwet Pak Asep Stroberi
Nasi Liwet Pak Asep Stroberi (Sumber: Travellingcow.com)

Jawa Barat khususnya Garut terkenal dengan nasi liwetnya yang sangat mantap. Salah satu restoran berkonsep alam yang menyuguhkan nasi liwet dengan kualitas nomer wahid adalah Restoran Pak Asep Stroberi. Saat ini cabangnya sudah cukup banyak dan bukan hanya di Garut saja, namun salah satu cikal bakal restoran ini ada Kadungora.

Disini kamu bisa menikmati asi liwet hangat yang beraroma rempah semerbak disajikan dalam kastrol. Lauk pelengkapnya bisa disesuaikan dengan selera mulai dari ayam goreng, bebek goreng, ikan asin hingga tempe dan tahu. Yang tak kalah pentingnya ada juga sambal dan lalapan yang tentunyabagian tak terpisahkan dari nasi liwer. Saat makan pun kamu gabakal bosen karena akan dimanjakan dengan pemandangan sawah khas pedesaan.

Lokasi: Jl. Raya Kadungora, Karangmulya, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Baca juga: Tempat Makan di Lombok

2. Rumah Makan Cibiuk

Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk
Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk (Sumber: Food.detik.com)

Rumah Makan Cibiuk merupakan tempat makan di Kota Garut yang sudah cukup populer namanya. Cabangnya pun sudah cukup banyak, salah satunya ada di kawasan Nagreg, lokasi yang tak pernah sepi saat arus mudik tiba.

Tempat makan bergaya tradisional modern ini menawarkan deretan makanan bercita rasa khas sunda seperti nasi timbel, urap, ayam dan bebek goreng, sayur asem hingga sup ikan gurame. Namun yang jadi primadona di restoran ini yaitu suguhan sambal pedas nikmat yang siap menjadi penyempurna teman makan kamu. Belum lagi ditambah lalapan segar khas sunda yang konon kabarnya bikin awet muda.

Lokasi: Jl. Limbangan Nagreg Km 6, Sukadana, Garut, Jawa Barat.

Seruling Bambu

Restoran Seruling Bambu
Restoran Seruling Bambu (Sumber: Pergidulu.com)

Restoran yang satu ini berlokasi di dalam area Kampung Sampireun. Siapa coba yang engga tahu Kampung Sampireun? Walaupun begitu, Seruling Bambu tetap terbuka untuk umum dan siapapun bisa menyambanginya. Seating outdoor yang ditawarkan tempat makan yang satu ini bakal memanjakan pengunjung dengan pemandangan alam yang asri dan menenangkan.

Beberapa hidangan yang jadi andalannya antara lain nasi bakar, sayur asem, ikan asin, ayam bakar hingga paket komplit mulai nasi, lauk hingga sambal dan lalapan. Jika kamu ingin mencicipi sesuatu yang berbeda, menu western juga bisa jadi pilihan. Walaupun menunya westren, tapi kamu bisa menikmatinya di suasana khas pedesaan.

Lokasi: Jl. Raya Samarang Kamojang km 4, Samarang, Garut, Jawa Barat.

Rumah Makan Pujasega

Rumah Makan Pujasega
Rumah Makan Pujasega (Sumber: hoteldiindonesia.net)

Rumah Makan Pujasega bukan hanya akan memanjakan lidah kamu dengan kuliner tanah pasundan. Disini juga kamu bisa menikmati cita rasa western yang diolah dengan bahan lokal. Menu andalan restoran bergaya outdoor ini adalah nasi timbel plus ikan asin, menu seafood hingga chicken cordon blue yang lezat dan menggigit.

Rstoran ini sangat cocok dijadikan tempat makan bersama keluarga karena tempatnya yang sangat luas. Apalagi jika kamu membawa buah hati kesayangan, dijamin bakal betah deh karena ada ayunan dan tempat bermain lainnya.

Lokasi: Jl. Otto Iskandardinata No. 64, Tarogong Pananjung, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat.

Baca juga: Gaya Foto Kekinian Saat Travelling

5. Kampung Muara Sunda

Kampung Muara Sunda
Kampung Muara Sunda (Sumber: Twitter @Muarasundaresto)

Mengusung tagline “Rasa Kampung Selera Kota”, saat masuk ke Rumah Makan Kampung Muara Sunda kamu akan disambut dengan suara musik kecapi suling khas sunda. Selain itu, makan disini juga akan membuat kamu seakan dibawa ke suasana pedesaan yang kental karena dihadapkan pada bentangan suasana pesawahan yang akan membuat makan terasa jauh lebih nikmat.

Letaknya yang berada di pinggir jalan membuat kamu gak bakal kesulitan saat mencari tempat makan ini. Kampung Muara Sunda juga menawarkan konsep parasmanan seperti di Ampera, makan nya pun bisa lesehan supaya suasana pedesaannya jauh lebih terasa. Jika kamu rombongan, saya sarankan untuk ambil paket ririungan karena harganya pasti jauh lebih murah.

Lokasi: Jl. Raya Bayongbong Km. 3, Garut Kota, Muara Sanding, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44119.

 

Sumber: Detik.com/food/info-kuliner/d-3782878/melewati-garut-jangan-lupa-makan-enak-dulu-di-5-tempat-ini

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tempat Makan di Balikpapan

Fri Sep 13 , 2019
Balikpapan merupakan sebuah kota di Kalimanatan Timur, kota ini memabg sudah dikenal sebagai kotannya Beruang madu karena disana memang sudah dikenal sebagai daerah habibat aslinya. Bahkan maskot dari kota Balikpapan ini sendiri menggunakan gambar beruang sebagai objek utamanya jadi memanf sudah sangat dikenal sekali bukan jika kota ini memang kotanya […]