5 Tempat Makan Legendaris yang Ada di Tasikmalaya

Kamu berencana liburan ke Tasikmalaya? Tentunya harus sepaket juga dong dengan mencicipi berbagaimacam olahan makanan yang ada disana.  Jika kamu menginginkan susasana yang berbeda, cobalah mampir ke tempat kuliner legendaris yang ada di Tasikmalaya berikut ini! Tak perlu khawatir, cita rasanya masih tetap terjaga sejak dulu sehingga cocok banget untuk perutmu yang keroncongan! Penasaran kan di mana dan apa aja yang dijualnya? Skuyy simak aja uraian dibwah ini!

1. Pecel Oranye

Pecel Oranye
Pecel Oranye (Sumber: Travellingholic.com)

Pecel Oranye merupakan tempat makan legendaris khas Tasikmalaya yang sudah mulai jualan sejak zaman Belanda dulu, tepatnya dari tahun 1923. Namanya emang lucu ya, Pecel Oranye. Tapi perlu kamu tau, kalo pada masa penjajahan Jepang dulu, nama makanan ini sempat diganti menjadi Pecel Asia. Baru setelah Jepang pergi, nama Pecel Oranye kembali digunakan.

Sebagaimana namanya, tempat makan yang satu ini menjual pecel khas Tasikmalaya. Rasanya memang unik, campur-campur antara manis, asam dan juga asin. Bumbu tersebut kemudian disiram di atas sayuran. Tempat kuliner legendaris ini masih bertahan sampai kini. Saat ke Tasik pokonya kamu wajib coba resep “sepuh” khas Kota Santri ini. Bisa bikin kamu jatuh cinta lho. Engga percaya? Silahkan oba aja!

Lokasi: Jl. Empang No. 27, Pasar Mambo, Tasikmalaya.

2. Nasi Cikur Penyerutan Ny Iyen

Nasi Cikur Penyerutan
Nasi Cikur Penyerutan (Sumber: Reservasiku.com)

Tempat makan legendaris yang satu ini sudah buka sejak puluhan tahun yang lalu. Biasanya, nasi cikur yang disajikan di tempat ini tidak memerlukan lama untuk bisa ludes terjual. Cukup dua jam saja, yaitu mulai pukul 6 sampai dengan 8 pagi. Padahal  sebanyak 12 Kg beras dimasak dimasak setiap harinya. Bahkan Jika kalo weekend bisa mencapai 15 Kg. Pelanggan Nasi Cikur Penyerutan Ny Iyen ini bukan hanya datang dari Tasik saja. Tapi cukup banyak juga yang datang dari kota tetangga, seperti Garut, Pangandaran, Bandung dan juga Ciamis Banjar.

Pemilihan cikur atau kencur muda yang bertunas dan umbinya masih berwarna putih menjadi kunci dari resep enak Nasi Cikur buatan Ny Iyen ini. Di tempat ini, nasi cikur bisa kamu lengkapi dengan irisan telur dadar, sambal goreng kentang, tahu goreng, irisan timun dan kerupuk. Jangan lupa, minumnya teh tawar hangat yaa! Nikmatnya tiada dua pokonya, apalagi ditemani dengan udara dingin yang ada di Kota Tasik.

Lokasi: Pertigaan Jln Panyerutan – Tentara Pelajar, Tasikmalaya.

Baca juga: Tempat Makan di Lombok

3. Soto Ayam Pataruman

Soto Ayam Pataruman
Soto Ayam Pataruman (Inilahtasik.com)

Makanan berkuah rempah yang bernama soto ini tersebar hampir di seluruh Indonesia Raya. Semua daerah punya kekhasannya tersendiri, begitupun dengan Tasikmalaya. Salah satu sajian soto yang terkenal dan sangat legendaris di Kota Santri ini adalah Soto Ayam Pataruman. Tempat makan ini mulai buka sejak tahun 1960-an. Saat akan menyantap soto ini, kamu bisa memilih isiannya. Apakah mau daging paha, dada, ceker, kepala, ati ampela atau kulit. Ayam yang digunakan dalam soto ini juga merupakan ayam kampung, jadi citarasanya memang khas dan tentunya menjadi lebih gurih.

Lokasi: Jln. Pataruman, Cihideung, Tasikmalaya.

4. Kupat Tahu Mangunreja

Kupat Tahu Mangunreja
Kupat Tahu Mangunreja (Sumber: Masakandapur.id)

Kupat Tahu Mangunreja sudah ada sejak zaman Belanda. Kala itu, makanan ini dijajakan berkeliling dengan cara dipikul. Untuk saat ini, tempat legendaris ini dikelola oleh generasi ketiga. Dalam seporsi Kupat Tahu Mangunreja, kamu bakal menemukan potongan kupat dan tahu yang disiram bumbu kacang kental. Kacang yang digunakan sebagai bumbunya akan dihaluskan dengan cara ditumbuk, bukan diblender ataupun cara lainnya yang lebih modern. Memasaknya pun masih menggunakan kayu bakar, sehingga aromanya juga khas. Dua resep ini lah yang menjadi bekal kupat ini bertahan sampai sekarang.

Lokasi: Jln. Raya Garut-Tasikmalaya, Mangunreja. 

Baca juga: Gaya Foto Saat Travelling

5. Bubur Haji Zaenal

Bubur Haji Zaenal
Bubur Haji Zaenal (Sumber: Food.detik.com)

Penjual bubur ayam yang ada di Tasikmalaya memang bejibun. Tapi jika kamu kesana jangan sampai melewatkan Bubur Haji Zaenal yang sudah kesohor kemana-mana. Bahkan tempat ini merupakan salah satu tempat kuliner legendaris di Tasikmalaya yang sudah buka sejak 1969. Bubur Haji Zaenal ini teksturnya agak sedikiy encer. Namun topping atau bahan pelengkap di atas buburnya diberikan H. Zaenal “teu asa-asa” alias tidak tanggung-tanggung banyaknya. Mulai dari suwiran daging ayam kampung, cakwe, daun bawang dan ati ayam. Dijamin kenyang deh kalo kamu makan ini.

Lokasi: Jl. R. Ikik Wiradikarta, Tawangsari, Tasikmalaya.

Gimana? Sudah kepikir kan sekarang mau berkunjung ke tempat makan yang mana? Di borong aja yaa sekalian mumpung sedang ada di Tasik hehe.

 

Sumber: Travelingyuk.com/kuliner-legendaris-di-tasikmalaya/134730/

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Tempat Makan di Garut yang Tak Boleh Dilewatkan

Thu Sep 12 , 2019
Perlu diketahui bahwa Garut bukan hanya sekedar kota Dodol. Kota yang memiliki julukan Swiss Van Java ini memiliki banyak destininasi wisata alam yang sanagat menakjubkan. Sebut saja Taman Wiata Alam Papandayan, Talaga Bodas, Curug Sanghyang Taraje, dan masih banyak lagi keindahan alam yang ada di Kota Intan ini. Selain dikenal sebagai […]
Nasi Liwet Pak Asep Stroberi