5 Tempat Makan di Pontianak

Layaknya orang Indonesia, berkunjung ke suatu tempat, tak sah rasanya jika tidak berwisata kuliner ataupun sekedar menikmati makanan khas daerah tersebut. Begitu juga bagi kalian yang berkunjung ke Pontianak.

Kota khatulistiwa ini juga menyimpan aneka makanan enak yang tentunya wajib kalian coba. Berikut adalah 5 tempat makan di Pontianak.

Kwetiau Apollo

Kuliner yang banyak digemari warga Pontianak adalah Kwetiau Apollo. Tempat makan ini  sudah berdiri sejak tahun 1968.

Kwetiau Apollo - Kulinerbangsakoe.blogspot.com
Kwetiau Apollo – Kulinerbangsakoe.blogspot.com

Tempatnya memang cukup sederhana, namun rasanya luar biasa. menu andalannya adalah kwetiau goreng dan kwetiau siram sapi dengan rasa yang khas yang diperoleh dari perpaduan cuka ikan, kecap manis dan sambal spesial.

Warga setempat biasa menyebut kwetiau dengan mie tiau, sehingga dipalang depan resto tertulis Mie Tiau Apollo. Selain kwetiau, resto ini juga menjual nasi goreng, bihun goreng, dan masakan chinese food lain yang patut dicoba.

Informasi

  • Lokasi: Jl. Patimura No.63, Darat Sekip, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243

  • Telepon: (0561) 738741

Resto Pondok Pengkang

Burung Punai merupakan jenis burung yang banyak terdapat di daerah Pontianak dan merupakan salah satu unggas kesukaan warga setempat.

Resto Pondok Pengkang - Adjusmenthidup.com
Resto Pondok Pengkang – Adjusmenthidup.com

Bentuknya seperti burung merpati dengan bulu warna hijau dan paruh kemerahan. Cara memasaknya biasanya digoreng seperti ayam atau dibakar. Warga Pontianak menggemarinya karena dagingnya lebih gurih dan sangat empuk dengan citarasa khas.

Jika kalian ingin mencicipinya, maka kalian bisa mengunjungi Resto Pondok Pengkang di Siantan. Selain menyajikan olahan burung punai, resto ini juga menyajikan masakan lainnya seperti pengkang, sambal kerang dan makanan khas Pontianak lainnya.

Informasi

  •   Lokasi: Jl. Raya Peniti, Peniti Luar, Siantan, Pontianak,

  •  Telepon:(0561) 7093700

Bubur Pedas Pak Ngah

Bubur Pedas khas Pontianak atau yang disebut juga Bubbor Paddas oleh warga setempat merupakan salah satu variasi bubur yang cukup unik. Walaupun namanya bubur pedas, namun rasanya sama sekali tidak pedas

Bubur Pedas Pak Ngah -Kulinerbangsakoe.blogspot.com
Bubur Pedas Pak Ngah -Kulinerbangsakoe.blogspot.com

.

 

Kata Pedas sebenarnya mengacu pada banyaknya pelengkap yang dihidangkan sebagai pendamping, yaitu kangkung, cambah, kacang panjang, jagung muda, ikan teri dan daging ayam.

Nasi yang digunakan terbuat dari beras yang disangrai dengan parutan kelapa tua terlebih dahulu. Aromanya khas dan rasanya pun sangat unik.

Informasi

  • Lokasi: Sungai Jawi Luar, West Pontianak, Pontianak

  •  Telepon: 0812-5661-5661

Gleam

Tempat ini sangat terkenal dengan Chaikuenya. Chai kue pada umumnya dibuat dari adonan tepung beras dan dicampur sedikit sagu/tapioka, yang diisi dengan berbagai sayuran. Chai kue dimasak dengan cara dikukus atau digoreng.

Chai kue yang sering ditemukan memiliki beberapa variasi isi yaitu kucai, bengkuang, rebung, keladi dan kacang.

Informasi

  • Lokasi: Jalan Tamar No.3 Tengah, Pontianak

  •  Telepon: 0813-4806-6060

 

BACA JUGA:Tempat makan di Belitung

Rumah Makan Melda

Rumah  makan Melda memang sudah sangat dikenal di Kota Pontianak. Setiap orang yang pernah ke Pontianak rata-rata sudah pernah menjejakkan  kakinya di tempat makan ini.

Meski menyediakan menu yang hampir sama dengan  rumah makan lain, tetapi kalian akan dibuat terkejut saat menyantap nasi putih yang disirami kuah ala Rumah Makan Melda.

Kuah yang gurih disiram diatas nasi akan terasa lebih nikmat jika ditambah dengan ayam goreng.

Informasi

  •  Lokasi: Jalan Imam Bonjol No 74 dan juga jalan Tanjung Pura Pontianak dan juga jalan Tanjung Pura Pontianak.

BACA JUGA : Tempat makan di Palembang

 

Sumber Referensi : Cintaihidup.com

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Tempat Makan di Samarinda

Mon Sep 16 , 2019
Kota Samarinda yang merupakan Ibu Kota dari Provinsi Kalimantan Timur, serta salah satu kota terbesar di Kalimantan menyimpan berbagai kekayaan  kuliner yang menakjubkan. Berbicara mengenai kuliner tentunya Samarinda juga memiliki tempat kuliner yang dapat kamu coba, dengan rasa yang lezat dan enak Rumah Makan Anna Samarinda Tempat makan yang menyajikan  […]
D’Puncak - Youtube.com