Inilah 5 Amalan Sederhana yang Dijamin Bakal Mengubah Hidup Anda

Banyak amalan yang bisa kita lakukan dalam hidup ini. Hanya saja dari banyaknya amalan tersebut kita harus pandai-pandai memilih beberapa amalan yang dapat kita dijadikan prioritas. Kenapa? Karena kita sebagai manusia engga mungkin dapat mengerjakan semua amalan yang ada. Waktu kita terbatas barder. Hanya 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Tidak lebih dan tidak kurang.

Nah dengan keterbatasan waktu tersebut, kita harus cerdas memilih amalan yang akan kita lakukan. Supaya apa? Supaya sesuai dengan kebutuhan kita tentunya. Jangan sampe kita mengerjakan berbagaimacam amalan, hanya saja amalan tersebut engga begitu berdampak dan tidak dibutuhkan oleh kita.

Bukan tidak penting yaa. Tolong digarisbawahi hehe. Karena saya yakin setiap amalan pasti memiliki pahalanya masing-masing. Dan punya keistimewaan masing-masing juga. Masalahnya, amalan apa saja sih yang sebenernya dapat mengubah hidup kita? Nah tepat sekali, pada tulisan kali ini akan dibahas 5 amalan  yang insya Allah bakal mengubah hidup kita. Apa saja itu? Check it dot!!!

1. Bersyukur

Kunci utama dari kebahagiaan adalah memiliki hti yang pandai bersyukur. Sebab, banyak orang yang sebenernya jauh lebih bahagia walaupun mungkin dari segi harta tidak sebanyak orang-orang kaya lainnya. Tak sedikit pula orang yang punya pangkat, jabatan, dan harta mereka sangat banyak namun hidupnya justru sangat menderita. Perbedaan mendasar dari kedua kasus tersebut terletak pada rasa syukur.

Pandai-pandailah berterimakasih kepada siapapun (Sumber: Pexels.com)

Dengan kita rajin bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan, kita pasti akan jauh lebih bahagia. Miskin, kaya itu hanyalah bungkus yang tampak luar saja. Rasa syukurlah yang menjadikan apa yang dianugrahkan Tuhan menjadi lebih berarti. Dalam firmannya pun Allah telah berjanji kan, bahwa barangsiapa yang bersyukur kepadaKu, maka Aku akan tambah nikmatnya.

Nah salahnya, bersyukur itu kadang hanya dilakukan saat kita mendapat nikmat saja. Baik itu mendapat rezeki, naik pangkat, memenangkan berbagaimacam perlombaan, dan hal-hal yang secara kasat mata memang membuat seseorang bahagia. Tapi terkadang kita lupa bersyukur saat keadaannya lagi sedih, lagi bingung, lagi stress, lagi kecewa, dan lag-lagi lainnya. Padahal harusnya bersyukur itu tidak boleh dipengaruhi oleh situasi apapun. Tapi bersyukurlah setiap saat apapun kejadiannya :)). Isnya Allah itu bakal menjadi pematik untuk merubah hidup kita.

2. Berdoa

Sebagaimana telah saya jelaskan pada postingan terdahulu, doa itu sangat berpengaruh terhadap kehidupan seseorang. Berdoa mungkin tidak menjawawab persoalan anda, tapi ia dapat melatih kita untuk bersabar. Berdoa juga mungkin tidak membuat seseorang yang punya hutang bisa lunas seketika. Tapi setidaknya dengan berdoa bisa membuat hati kita lebih tenang.

Perbanyaklah berdoa (Sumber: babe.news.com)

baca juga: seberapa pentingkah berdoa?

Berdoa juga bukan ban serep yaa. Maksudnya bukan ketika kita lagi susah baru berdoa. Bukan seperti itu brader! Tapi berdoa itu harus kita lakukan dalam kondisi apapun. Mau senang ataupun susuah. Berdoalah sebanyak-banyaknya.

Sebab sebagian ulam berkata, “Semua yang ada di dunia ini akan pergi dan tak pernah kembali, kecuali doa. Ia pergi dan akan kembali lagi”. Maksudnya itu pergi ketika kita panjatkan. Dan balik lagi saat kita menerima hasil ijabah dari Yang Maha Kuasa. Jadi, skuyyy banyakin doa ja deh mulai sekarang mah!

3. Bersedekah

Sebagian orang masih berpendapat dan beranggapan kalo sedekah hanyalah membuang-buang uang saja. Padahal engga seperti itu loh. Justru yang wajib kita yakini, sedekah itu merupakan cara cerdas kita menginvestasikan harta yang ditipkan Tuhan untuk kehidupan yang sesungguhnya.

Sedekah juga dapat mengubah yang buntu menjadi memiliki jalan keluar. Yang mampet menjadi lancar. Banyak kisah real dilapangan bagaimana ajaibnya amalan sedekah ini. Karena memang janji Allah dari setiap sedekah yang kita keluarkan itu akan tumbuh 7 tangkai cabang. Dan dari masing-masing cabang itu tumbuh lagi 100 cabang lainnya. Jadi, jika kamu masih ragu dengan luar biasanya sedekah ini. Berarti ada sesuatu yang salah dalam diri anda!

Sedekah dapat melancarkan rizki anda (Sumber: Unsplash.com)

Jangan pernah beralasan kalo kita gak bisa sedekah karena engga punya harta. Ini merupakan alasan yang klasik brader! Sedekah itu tidak mesti hanya dengan harta aja. Karena setiap perbuatan baik itupun adalah sedekah. Jadi kita bisa bersedekah lewat tenaga ataupun pikiran kita. Bahkan nih sesederhana memberikan senyuman kepada kawan kita pun itu dianggap sebagai sebuah sedekah. Masya Allah, kurang baik apalagi coba Allah sama kita :)). Maka tak usah ragu untuk bersedekah brader!.

4. Ikhlas

Banyak orang yang sulit sekali untuk melakukan amalan yang satu ini. Kenapa? Karena memang ini berhubungan dengan perasaan dan kerelaan hati kita. Jika memang kita pernah di hina, di bully, disepelekan, dan apapun itu yang membuat kita sakit hati. Tentunya akan punya sifat traumatik tersendiri. Namun coba deh dengerin nasehat yang pernah guru saya sampaikan beberapa tahun lalu.

Lupakanlah kebaikan kamu terhadap orang lain. Tapi jangan pernah melupakan kebaikan orang lain kepadamu.

Ingatlah selalu kesalahan kamu terhadap orang lain. Tapi jangan sekali-kali kamu mengingat kesalahan oranglain kepadamu.

Nah seperti itu brader! Singkat tapi bermakna. Terus juga jangan di balik yaaa wkwk. Karena kalo dibalik maknanya jadi salah dan itu fatal bener.

Ciri dari pribadi ikhlas adalah murah senyum (Sumber: Pexels.com)

Orang yang mempunyai sifat ikhlas ini sudah dipastikan dijauhkan dari ras iri dengki, dendam, dan penyakit-penyakit lainnya. Penyakit SMS sudah hilang dari dirinya. Apa itu enyakit SMS? Susah Melihat orang lain Senang, dan Senang Melihat orang lain Susah wkwkw. Jadi saya berani pastikan, anda adalah orang yang hebat jika mempunyai sifat yang satu ini.

5. Belajar dan Bertindak

Empat hal diatas akan jadi sia-sia saja jika kita tidak mau belajar dan bertindak. Ubah persepsi kita terhadap kegagalan yang menghampiri kita. Tapi itu adalah proses belajar yang akan melesatkan kita kepada tempat yang lebih baik. Tentunya sambil melakukan evaluasi supaya tidak terulang lagi dimasa yang akan datang.

Tidak ada orang bodoh di dunia ini. Yang ada adalah orang yang belum belajar. Selama kita sudah belajar, maka lambat laun kita akan menjadi cerdas. Jangan lupa setelah belajar harus dibarengi dengan bertindak. Action. Sebab sepandai-pandainya anda menguasai ilmu berenang kalo tidak mau nyebur ke kolam renang saya pastikan anda tidak akan pernah jago untuk berenang.

Never stop learning (Sumber: Unsplash.com)

Saya teringat katakata dari Adeda, adiknya Aa Gym “Jadikanlah setiap tempat adalah kelas, setiap orang guru, dan setiap kejadian adalah pembelajaran”. Itu merupakan prinsip dari pembelajar sejati. Tak peduli sedang dimanapun kita berada, kita selalu belajar.

Nah dari kelima amalan sederhana diatas, udah berapa poin yang sudah menjadi kebiasaan kamu? Mudah-mudahan udah semuanya yaa. Tapi kalopun belum, gamaslah brader! Bertahap aja satu satu. Di mulai dari mana yang dirasa paing mudah.

Dan percayalah, ini bukan amalan kaleng-kaleng. Jika kita sudah memilikinya, sedikit demi sedikit insya Allah bakal bisa merubah hidup kamu. skuyyy ah mulai. Jangan lupa berkabar yaa kalo udah terjadi perubahan di hidup kamu :)). (ID)

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jakarta Itu Lebih Kejam Dari Ibu Tiri. Benarkah?

Sun Aug 11 , 2019
Walaupun pemerintah secara resmi telah mengumumkan kalo Ibu Kota Negara Republik Indonesia akan segera pindah ke Kalimantan. Tapi sampe dengan saat ini, Jakarta masih resmi tercatat sebagai Ibu Kota negara kita semua, Indonesia. Makanya, sebelum status Ibu Kota copot dari Jakarta, rasanya tak salah lah yaa jika saya menulis tentang […]