Kuliner Aceh yang Wajib Kamu Coba

Aceh  tidak hanya kaya  akan adat dan budayanya yang unik tetapi juga diketahui  memiliki banyak kuliner khas yang lezat. Kota yang dikenal dengan sebutan Serambi Mekkah ini  memiliki ciri kgas kuliner dengan cita rasa rempah yang sangat kuat. Tidak heran kalau banyak orang ketagihan dengan masakan Aceh.

Kalian ingin tahu makanan khas Aceh yang bikin ngiler? beberapa kuliner yang harus kalian coba.

Mie Aceh

Mie Aceh adalah salah satu masakan mie pedas khas Aceh, Mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut (udang dan cumi) disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas.

Mie Aceh
Mie Aceh – Selerasa.com

Mie Aceh tersedia dalam dua jenis  yaitu Mie Aceh Goreng  dan Mie Aceh Kuah. Biasanya ditaburi bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis.

Untuk masalah rasa pedasnya kalian bisa minta sesuai dengan selera kalian masing-masing. Jadi kalau kalian tidak suka pedas tidak perlu khawatir ya.

Kuah Pliek U

Kuah Pilek U merupakan makan khas yang melambangkan keeratan dan keberagaman, dalam masyarakat Aceh yang tertuang dalam satu kuali, sehingga memunculkan suatu rasa yang tersendiri.

Kuah Pliek U - Kba.one
Kuah Pliek U – Kba.one

Kuah Pilek U adalah salah satu masakan seperti gulai yang berasal dari Aceh. Masakan ini memiliki bahan dasar ampas dari sisa minyak kelapa tua yang telah melalui proses pemerasan minyaknya.

Pada umumnya, masakan ini dilengkapkan dengan daun dan buah melinjo, kacang panjang, kacang tanah, daun pepaya, daun singkong, rebung kecombrang, kadang kala disajikan dengan chu (sejenis siput yang hidup di sungai). Biasanya, masyarakat Aceh juga menambahkan sayuran lain untuk masakan ini.

BACA JUGA : Kuliner khas Semarang

Kuah Masem Keu-eung

Dalam bahasa Indonesia kata Asam Keueng berarti sayur Asam Pedas. Tidak heran jika masakan ini memiliki rasa asam dan pedas.

Kuah Masem Keu-eung - Syahidnas.com
Kuah Masem Keu-eung – Syahidnas.com

Tapi, masakan asam keueng lain jika dibandingkan dengan masakan asam pedas lain. Masakan asam pedas itu kemerah-merahan. Sedangkan masakan asam keueng berwarna kuning. Masakan ini hanya terdapat di Aceh dan penyajiannya pun berbeda.

BACA JUGA: Kuliner khas Salatiga

Ayam Tangkap

Ayam Tangkap Merupakan olahan daging ayam yang di cincang kecil-kecil yang ditumpuk dengan daun teumuru dan cabai hijau serta ditaburu bawang goreng.

Ayam Tangkap - Kumparan.com
Ayam Tangkap – Kumparan.com

Pengolahan ayam ini tidak sulit yaitu hanya dengan menggoreng setelah sebelumnya sudah terlebih dahulu diberi bumbu agar gurih saat disantap. Bumbu yang digunakan seperti bawang putih, lada, kemiri, garam, dan jahe. Setelah dibumbui, ayam lalu digoreng sekitar 5–10 menit.

Saat disajikan, ayam goreng biasanya tersembunyi di balik tumpukan cabai hijau dan daun teumura yang sudah digoreng kering.

Ungkot Kemamah

Keumamah adalah salah satu kuliner tradisional masyarakat Aceh yang dibuat dari bahan baku ikan, yaitu tongkol /Tuna. Keumamah terkenal juga dengan nama ikan kayu karena keras seperti kayu.

Ungkot Kemamah _ Tradisionalindonesiafood.blogspot.com
Ungkot Kemamah _ Tradisionalindonesiafood.blogspot.com

Ikan ini diawetkan dengan beberapa proses pembuatan. Mulai dari pembersihan ikan, perebusan, pengeringan dan penyimpanan. Karena itu keumamah bisa disimpan hingga bertahun-tahun dengan syarat harus tetap dalam keadaan kering atau tidak lembab.

Ikan kemamah ini bisa dimasak dengan bahan masakan seperti santan kelapa, cabai hijau, kantang dan bahan masakan yang lainya. Sejak zaman perang melawan Belanda dulu, Ungkot Kemamah merupakan masakan yang sudah popular karena cara masak yang berbeda.

Nah, itulah beberapa makanan khas yang harus masuk daftar kulineranmu selama di Aceh. Jadi, kalian mau cobain yang mana dulu, nih?

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Makanan Khas Padang Selain Rendang yang Harus Kamu Coba

Thu Nov 7 , 2019
Makanan khas Padang menjadi salah satu kuliner yang sudah tersohor di seluruh penjuru Indonesia. Yang paling terkenal adalah rendang. Siapa sih yang engga pernah makna rendang? Makanan ini kerap kali dijumpai saat kita mampir dirumah makan Padang. Tapi, tahukah kamu bahwa makanan Khas padang itu cukup beragam, tidak hanya rendang […]
Gulai Banak - Saribundo.biz