Makanan Khas Padang Selain Rendang yang Harus Kamu Coba

Makanan khas Padang menjadi salah satu kuliner yang sudah tersohor di seluruh penjuru Indonesia. Yang paling terkenal adalah rendang. Siapa sih yang engga pernah makna rendang? Makanan ini kerap kali dijumpai saat kita mampir dirumah makan Padang.

Tapi, tahukah kamu bahwa makanan Khas padang itu cukup beragam, tidak hanya rendang saja. Nah berikut adalah beberapa makanan Khas Padanng yang harus kalian tahu dan wajib kalian coba selain rendang.

Sate Padang

Dari namanya saja sudah jelas banget kan kalau ini adalah makanan khas Padang. Apa sih yang membuat beda Sate Padang dengan sate yang lain? Jika dari bahan dasarnya sih engga jauh beda, sate Padang juga berbahan dasar daging sapi yang dibakar, yang membedakan adalah kuahnya.

Sate Padang - Idntimes.com
Sate Padang – Idntimes.com

Kuah sate Padang mirip dengan kuah kare. Kalau dilihat, kuah sate padang berwarna kuning dan kental. Kuah tersebut terbuat dari kaldu jeroan pedas, jahe, kunyit, ketumbar, bawang putih, lengkuas, jinten, bubuk kari, garam, dan tepung beras.

Walaupun kebanyakan sate padang menggunakan daging sapi, tapi ternyata ada juga lho yang menggunakan daging ayam dan kambing.

Kalau kalian ingin coba makanan ini tidak perlu ke Padang dulu, karena di Jakarta pun banyak pedangang yang menjual sate Padang. Tapi, kalau mau sekalian jalan-jalan juga engga ada salahnya sih kalau ke Padang langsung hehe.

BACA JUGA : Kafe Hits di Padang

Soto Padang

Sepertinya makanan satu ini memang salah satu makanan Khas disetiap daerah di Indonesia, tidak hanya Jawa, Betawa, Manado, Bahkan Padang pun memiliki Soto khasnya sendiri.

Soto Padang - Viva.co.id
Soto Padang – Viva.co.id

Soto padang terbuat dari irisan daging sapi khas dalam yang tentunya memiliki tekstur yang empuk dan cita rasanya lezat. Kalian akan merasakan sensasi yang berbeda ketika menikmati soto padang ini.

Karupuak Sanjai

Kalau kalian mampir ke Bukittinggi, jangan lupa bawa oleh-oleh yang populer dari daerah ini, karupuak sanjai. Karupuak sanjai ini merupakan keripik yang bahan dasarnya adalah singkong. Diolah sedemikian rupa menjadi sebuah keripik yang memiliki tiga rasa yang berbeda.

Karupuak Sanjai - Kenalibudaya.info
Karupuak Sanjai – Kenalibudaya.info

Rasa dari keripik sanjai ini sebenarnya ada tiga, rasa tawar tanpa bumbu berwarna putih, rasa asin berwarna kuning, dan rasa pedas. Dari ketiga rasa tersebut, yang paling populer tentu saja yang pedas. Mungkin karena yang rasa tawar sama asin kurang begitu menggoda.

Keripik sanjai yang pedas biasanya disebut juga dengan keripik balado. Kalian juga pasti sudah pernah mencobanya kan? Makanan ini cocok banget kalau dijadikan oleh-oleh, karena tidak mudah basi.

BACA JUGA : Sejarah Rendang

Gulai Banak

Apa kalian asing dengan nama tersebut? Hmmm baiklah, kalau gulai otak? Pasti lebih sering dengar dong. Gulai banak atau yang biasa disebut gulai otak merupakan makanan berkuah santan pedas yang asalnya dari Minangkabau.

Gulai Banak - Saribundo.biz
Gulai Banak – Saribundo.biz

Bahan utama dari makanan ini adalah otak sapi yang sudah dipotong-potong. Otak sapi dimasak bersama dengan santan dan bumbu gulai. Tapi, kalau kalian memiliki kadar kolestrol dan darah yang tinggi, sangat tidak disarankan buat mengonsumsi gulai otak ini.

Daripada sakit, mending kalian coba makanan yang lain aja yaa hehe

Kalio Dagiang

Kalio dagiang adalah gulai daging sapi yang memiliki rasa lezat, sebenernya makanan ini engga kalah enak kalau dibandingkan dengan rendang. Jadi, lain kali saat kalian ke rumah makan Padang, coba sekali-kali cicipin menu ini deh.

Kalio Dagiang - Masakapaya.com
Kalio Dagiang – Masakapaya.com

Daging yang digunakan untuk membuat kalio ini dimasak bersama dengan bumbu rempah dan cabe. Agar menghasilkan tekstur yang empuk, kemudian daging dimasak cukup lama. Jadi, ketika kamu gigit, dagingnya nggak alot, bumbu pun dapat meresap sampai ke dalam.

Sumber Referensi :

http://masfikr.com/makanan-khas-padang/

 

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kuliner di Bangka Belitung

Thu Nov 7 , 2019
Belitung memang memiliki sejuta pesona yang bisa menarik perhatian banyak wisatawan. Pantai-pantainya indah, panorama bawah laut yang tak kalah menakjubkan. Serta, sejarah dan budayanya yang menarik. Kuliner tradisionalnya pun cukup beragam, citarasa lokal tak terbantahkan. Orang-orangnya pun ramah dan menyenangkan untuk diajak bicara. Seperti kekayaan kuliner khas lain di Indonesia […]
Gulai Banak - Saribundo.biz