5 Kuliner Khas Mataram yang Menguguah Selera

Berada di wilayah Lombok, Mataram menyajikan beragam jenis makanan khas yang memiliki rasa yang unik dengan perpaduan bumbu yang lezat dan sedap. Karena letaknya yang gak jauh dari Lombok, kuliner di Mataram juga hampir sama dengan kuliner yang banyak kamu temui di Lombok.

Tapi tentu saja banyak juga kuliner khas Mataram yang harus kamu coba saat berkunjung kesana. Kira-kira nih masakan apa sajakah yang wajib masuk dalam daftar wajib kamu saat wisata kuliner ke Mataram? Berikut ini adalah ulasan singkatnya, yuk disimak!

1. Sate Bualayak

Sate Bulayak
Sate Bulayak (Sumber: travelingyuk.com)

Sate bulayak merupakan menu utama yang harus Anda cicipi ketika tengah berkunjung ke Mataram. Sate ini nampak unik dengan kehadiran Bulayak yang mirip dengan ketupat. Hal yang membedakannya yaitu bentuk Bulayak ini bulat dan memanjang dan dibungkus dengan daun khas yakni daun aren.

Bumbu yang digunakan untuk sate ini pun nampak unik dan sedap karena diracik dengan tambahan santan yang kental. Apalagi dipadukan dengan kemiri sehingga menawarkan rasa dengan aroma yang begitu menggugah selera. Hanya dengan berkunjung ke sepanjang jalan Udayana yang berada di kota Mataram, kamu akan bisa menemukan kuliner ini dengan mudah.

Baca juga: Tempat Makan di Lombok

2. Sate Tanjung

Sate Tanjung
Sate Tanjung (Sumber: merahputih.com)

Berbicara tentang kuliner Mataram memang engga ada ujungnya. Salah satu jenis menu favorit yang kaya rasa dan inovasi adalah sate. Selain satu bulayak yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak juga beragam sate lainnya mulai dari ayam, sapi, bahkan hingga ikan. Sate lainnya yang jadi ciri khas Mataram adalah sate tanjung.

Sate tanjung ini terbuat dari ikan, bahan yang engga biasa tentunya untuk bahan dasar sate. Bumbu yang digunakan juga tidak biasa lho karena menggunakan paduan pedas dan manis. Menu ini disajikan lengkap dengan lontong, urap sayur, dan pelecing kangkung. Uhhh paket lengkap pokonya mah.

3. Nasi balap Puyung

Nasi Balap Puyung
Nasi Balap Puyung

Seperti nasi jenggo di Denpasar Bali atau nasi kucing di Yogyakarta, nasi balap merupakan salah satu ikon kuliner Mataram. Kenapa sih dinamakan nasi balap? Ada yang mengatakan karena porsi makanan yang sedikit sehingga bisa disantap dengan cepat. Ada pula yang beranggapan karena nasi itu dibuat dalam jumlah besar untuk diecer di kaki lima.

Nasi Balap Puyung terkenal karena racikan bumbunya yang pedas dalam tampilan yang “kurang”menantang. Satu porsi Nasi Balap Puyung terdiri dari nasi, kacang kedelai, ayam suwir goreng dan basah, dan biasanya dilengkapi dengan telur. Harganya ramah di kantong, satu porsi dibanderol Rp20 ribu saja.

4. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang
Ayam Taliwang (Sumber: Firstlomboktour.com)

Bisa dibilang menu kuliner yang satu ini merupakan menu yang terpopuler dan juga favorit di Mataram. Yaaaa ayam tilawang selalu dicari oleh para turis dan pelancong yang tengah berkunjung ke Mataram.

Ayam ini sajikan secara utuh yang dibumbui dengan bumbu khas yang terasa lezat. Kamu bisa memesan dua jenis penyajian ayam yakni dengan cara dibakar dan digoreng. Keduanya menawarkan cita rasa yang berbeda yang kesemuanya musti kamu coba.

Baca juga: Tempat Makan di Garut

5. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung
Plecing Kangkung

Plecing Kangkung merupakan menu sayur pendamping lauk daging seperti Ayam Taliwang atau Sate Rembiga. Makanan yang satubini terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dikombinasikan dengan sambal tomat.

Sambal tomatnya dibuat dari campuran cabai rawit, garam, terasi, dan tomat. Plecing Kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti tauge, kacang panjang, kacang tanah goreng atau urap. Menikmati satu porsi sate rembiga berisi 10 tusuk ditambah lontong dan plecing kangkung menghabiskan dana sekitar Rp40 ribu.

 

Sumber:

tanahnusantara.com/berwisata-kuliner-makanan-khas-mataram-daftar-menu-wajib-untuk-disantap/

beritagar.id/artikel/piknik/sejarah-dan-kuliner-kota-mataram

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kuliner Khas Jayapura yang Mantap Jiwa

Fri Apr 10 , 2020
Walaupun engga seterkenal kota lainnya seperti Bali dan Yogyakarta, tapi tentu saja kota Jayapura ini punya daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Terlebih lagi kulinernya pun yang khas tergolong unik bila dibandingkan dengan kota-kota lain. Makanya sayang banget kalo kamu melewatkan begitu saja dan gak punya rencana untuk berwisata kuliner ke kota Jayapura ini. […]
Udang Selingkuh