5 Kuliner Khas lombok, yang Mana Favoritmu?

Rasanya kurang lengkap kalo berwisata ke Pulau Lombok tapi engga mencicipi beberapa kuliner khas Lombok.  Terlebih lagi pada ajang Internasional World Halal Travel Award 2015 lalu, Lombok dinobatkan sebagai tempat wisata halal terbaik dan tempat wisata halal bulan madu terbaik. Wouwww… suatu capaian yang membagakan Indonesia tentunya.

Nah sebagai tempat wisata halal terbaik, tentu saja saat ke Lombok kamu engga boleh melewatkan beberapa kuliner khas Lombok dibawah ini untuk dicicipi. Inilah beberapa daftar kuliner khas Lombok yang patut untuk kamu coba, yang mana nih kira-kira yang menjadi favoritmu? Yukk disimak aja!

1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang
Ayam Taliwang (Sumber: Firstlomboktour.com)

Ayam taliwang merupakan masakan khas Lombok yang berasal dari wilayah Taliwang, Nusa Tenggara Barat. Kuliner yang sudah sangat favorit ini memiliki rasa yang unik dan berbeda dengan masakan berbahan dasar ayam pada umumnya. Apalagi bahan utama yang digunakan untuk membuat ayam taliwang ini adalah daging ayam kampung muda pilihan yang berkualitas, sehingga tekstur daging yang dihasilkan akan terasa empuk dan nikmat.

Olahan ayam taliwang ini bisa kamu nikmati dengan cara di bakar ataupun di goreng. Sesuai mood kamu aja maunya yang mana. Yang pasti  kuliner yang satu ini akan terasa nikmat sekaleee proses pembuatannya menggunakan rempah-rempah komplit khas Lombok sebagai bumbu untuk melumurinya.

Baca juga: Tempat Makan di Lombok

2. Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung
Nasi Balap Puyung (Sumber: Blog.reservasi.com)

Pertama kali saja kamu mencoba nasi balap buyung ini, maka dijamin bakal ketagihan dan pengen untuk mencobanya lagi. Terlebih lagi sensai pedasnya itu lho, menjadikan selera makan kamu bakal bertambah dan ingin nambah terus. Tapi untuk kamu yang engga suka pedas tenang aja. Tinggal gausah pake sambal aja ko :).

Dengan topping ayam suwir, dipadukan dengan cabai, taburan rebon kering, kacang kedelai, dan lauk belut, menjadikan paket nasi balap puyung ini juaranya maknyusss banget. Kamu bakal dibuat ngiler deh sama kuliner yang satu ini. Saat mengingatnya, air liur pun bakal bercucuran karena rasanya yang gaada duanya.

3. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung
Plecing Kangkung (Sumber: Firstlomboktour.com)

Ada yang belum tahu plecing kangkung itu apaan? Makanan khas Lombok yang satu ini merupakan olahan tanaman air yang begitu populer di setiap rumah makan di Lombok.  Secara tampilan sih memang sederhana, namun rasarnya lho luar biasa sekali. Paduan cabai rawit, garam, tomat dan terasinya bakal menggetarkan lidah siapapun yang mencobanya.

Setiap orang yang memakan plecing kangkung ini pasti menangis nikmat karena sensai pedasnya. Namun perlu kamu ketahui kalo kuliner yang satu ini jelas sangat sehat dan membantu kesuburan karena ditambahkan tauge dan taburan kacang goreng untuk menambahkan rasa gurihnya. Biasanya nih, plecing kangkung akan makin mantaap saat disantap dengan ayam taliwang.

Baca juga: Tempat Nongkrong di Labuan Bajo

4. Sate Rembiga

Sate Rembiga

Lombok memang terkenal dengan surganya para sapi. Di sini, sapi-sapi bebas berkeliaran sehingga engga mudah stress. Itulah penyebab kenapa daging sapi dari Lombok dan Sumbawa terkenal lebih lembut dan nikmat. Salahsatu olahan daging sapi yang cukup populer di lombok adalah sate rembiga.

Kuliner yang satu ini memiliki rasa yang unik, mulai dari manis, gurih dan utamanya pedas. Nama Rembiga yang melekat di belakang kata sate ini berasal dari nama sebuah Desa Rembiga. Saking laris dan populer, ditambah rasanya khas menjadikan hingga sekarang dikenal dengan nama Sate Rembiga.

5. Beberuk Terong

Beberuk Terong
Beberuk Terong (Sumber: Blog.reservasi.com)

Beberuk Terong merupakan makanan khas Lombok yang mirip dengan salad ala luar negeri, namun berbahan dasar terong. Kuliner yang satu ini bisa dikatakan sebagai masakan sehat karena terbuat dari sayur-sayuran yang dipotong-potong kecil kemudian dicampur dengan bumbu khusus.

Beberapa bahan dasar pembuat beberuk terong adalah terong (ungu atau hijau), tomat, kacang panjang, dan bumbu-bumbu lainnya. Kesemua bahan tersebut dicampur dan di aduk. Kemudian biar makin nikmat ditambahkan kesegaran air jeruk limau. Pokonya rasanya benar-benar gado-gado, pedas, manis, asam dan sangat segar untuk makan siang sekalipun.

Gimana gimana? Sudah membuat air liurmu mentes belum wkwkwk.

 

Sumber:

Firstlomboktour.com/wisata-kuliner/kuliner-khas-lombok

log.reservasi.com/makanan-khas-lombok/

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kuliner Khas Tanjung Pinang Yang Menggugah Selera

Mon Nov 25 , 2019
Tanjung Pinang atau yang sekarang dikenal dengan nama Bintan merupakan ibu kota dari kabupaten Kepulauan Riau. Mayoritas penduduk di kota ini merupakan orang dari suku melayu. Kota yang terkenal dengan banyaknya produksi elektronik ini mempunyai pesona yang begitu memikat. Beberapa tempat wisata populer yang bisa kamu kunjungi di sana adalah […]
Bingka Pandan