5 Kuliner Khas Tanjung Pinang Yang Menggugah Selera

Tanjung Pinang atau yang sekarang dikenal dengan nama Bintan merupakan ibu kota dari kabupaten Kepulauan Riau. Mayoritas penduduk di kota ini merupakan orang dari suku melayu. Kota yang terkenal dengan banyaknya produksi elektronik ini mempunyai pesona yang begitu memikat. Beberapa tempat wisata populer yang bisa kamu kunjungi di sana adalah Pulau Penyengat, Pantai Impian, Tepi Laut, dan lain sebagainya.

Nah, kalo kebetulan kamu sedang berada di Tanjung Pinang, jangan cuma berwisata alam aja. Tapi kamu juga harus mencoba kuliner khas yang ada di sana. Biar gak kebingungan, berikut ini beberapa rekomendasi kuliner khas Tanjung Pinang yang wajib kamu coba.

1. Otak-otak

Otak-otak
Otak-otak (Sumber: Makananoleholeh.com)

Otak-otak merupakan makanan yang terbuat dari daging tenggiri cincang yang telah dibumbui dan dimasukkan ke dalam kulit ikan yang telah direbus. Setelah itu otak-otak dibungkus dengan daun pisang dan dibakar di atas bara api atau sekedar dipanggang sesuai selera. Biasanya kuliner yang satu ini disajikan bersama kuah asam pedas yang nikmat.

Berbeda dengan otak-otak yang ada di Jakarta dan kota lainnya, otak-otak khas Tanjung Pinang dibuat dengan rempah-rempah pilihan sehingga menghasilkan makanan yang lezat dan khas.  Dari segi warnanya pun beda, kalo otak-otak di Jakarta warnanya putih keabuan, di Tanjungpinang warnanya kuning dengan harum rempah yang sangat pekat. Teksturnya juga lebih halus, ga perlu gigit kuat-kuat karena dia lumer di mulut.

Baca juga: Tempat Nongkrong di Tanjung Pinang

2. Bingka Pandan

Bingka Pandan
Bingka Pandan (Sumber: Asianfoodchannel.com)

Bingke pandan merupakan kue yang memiliki bahan dasar santan dengan tambahan beberapa bahan lainnya. Kuliner khas Tanjung Pinang yang satu ini cocok banget bagi kamu yang suka dengan olahan kue bercita rasa manis dan gurih. Apalagi kue yang satu ini juga memiliki aroma yang harum. Jadi kamu bakal sulit sekali untuk menolaknya.

Nah sekedar informasi juga, kue bingka pandan ini limited edition. Setiap harinya hanya diproduksi sekitar 30 biji saja. Jadi bagi kamu yang pengen menikmati kuliner khas Tanjung Pinang ini harus cepat-cepat ambil start sebelum keduluan orang lain.

3. Tepung Gomak

Tepung Gomak
Tepung Gomak (Sumber: Pinangpaleo.com)

Tepung Gomak merupakan satu kuliner khas Tanjung Pinang yang paling banyak diburu oleh para pelancong, terutama sebagai buah tangan. Kue ini dinamakan tepuk gomak karena berbalut tepung yang tebal. Rotinya terbuat dari kacang hijau, serta dalamnya ada isian kelapa parut yang dimasak dengan gula merah.

Bisa dikatakan, kuliner yang satu ini hampir mirip dengan kue Moci. Hanya saja menggunakan isian kelapa parut. Rasa isiannya ini mirip dengan dadar gulung. Selain itu, bagian luar kulit dari tepung gomak ini dilapisi dengan tepung kacang hijau yang begitu nikmat. Nah kamu bisa menjadikan makanan yang satu ini sebagai santapan ketika bersantai ataupun juga sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta di rumah.

Baca juga: Tempat Nongkrong di Semarang

4. Luti Gendang

Luti Gendang
Luti Gendang (Sumber: mangcook.com)

Luti Gendang merupakan kudapan semacam roti yang dibuat dengan ukuran mungil. Isian dari luti gendang ini biasanya berbeda-beda agar tampak bervariasi. Setiap rasa memiliki ciri khas dan daya pikat sendiri sehingga banyak sekali orang yang suka dengannya.

Rasanya gurih dan akan selalu membuat penikmatnya merasa ketagihan. Makannya pun gak bakal cukup sebiji karena rotinya imut-imut dan bikin nagih. Harganya pun sangat terjangkau, hanya sekitar Rp2500 saja. Menariknya, luti gendang ini bisa dipesan mentah untuk dibawa pulang. Sampai di rumah bisa langsung simpan di kulkas, dan tinggal goreng saja kalau hendak dikonsumsi.

5. Lemper

Lemper
Lemper (Sumber: Atemalem.com)

Lemper Tanjung Pinang sangat spesial karena bentuknya berbeda dari lemper pada umumnya. Tidak seperti lemper pada kebanyakan yang bentuknya pendek dan bulat. Lemper khas Tanjung Pinang memiliki bentuk kurus, panjang, dan langsing. Isiannya itu ada suwiran ikan tongkol. Pas dikunyah akan ketemu sensasi pedas. Uhhh. dijamin bikin kamu ketagihan deh!

Nah itu dia 5 kuliner khas Tanjung Pinang yang perlu kamu coba saat mendaratkan kaki di sini. Kira-kira  kuliner mana yang akan kamu coba pertama kali?

 

Sumber:

Makananoleholeh.com/makanan-khas-tanjung-pinang/#Makanan_Khas_Tanjung

Atemalem.com/kuliner-tanjungpinang/

Review.bukalapak.com/travel/5-kuliner-legendaris-khas-tanjung-pinang-84817

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Tempat Nongkrong Hits di Depok

Tue Nov 26 , 2019
Beda kota, beda lagi kulinernya. Gitu juga dengan kota Depok yang terletak diantara dua kota besar yakni Jakarta dan Bogor. Kota yang satu ini punya banyak kuliner menarik plus tempat nongkrong hits dan seru yang tak kalah menarik dari ibukota. Nah kira-kira apa saja dan dimana ya tempat nongkrong asyik yang […]
Milan Pizzeria Cafe