5 Musisi Indonesia yang Sukses di Luar Negeri

Industri musik Tanah Air engga pernah kehilangan talenta. Hal ini terbukti dari banyaknya musisi asal Indonesia yang sudah Go Internasional dan mendapat sambutan positif di negara lain. Orang-orang dibawah ini berhasil mengharumkan nama Indonesia lewat karya-karyanya yang berkelas. Engga sedikit juga dari mereka yang berhasil bersinar di kancah internasional dan banyak digemari warga belahan dunia sehingga mengharumkan nama Ibu Pertiwi. Siapa sajakah mereka?

1. Anggun C Sasmi

Anggun C Sasmi
Anggun C Sasmi (Sumber: Tribunnews.com)

Keputusan Anggun untuk meninggalkan Tanah Air dan mencoba peruntungannya di luar negeri bisa dibilang merupakan pilihan yang tepat. Namun perlu diektahui, di balik keberanian ini sebenarnya ada hal yang yang tidak pernah ia henti lakukan. Mencoba dan terus mencoba, ya begitulah. Meski diawal sempat mengalami kegagalan, namun kegigihan Anggun dapat menaklukkan halangan yang merintanginya.

Single perdana Anggun yang berjudul Snow On The Sahara langsung menjadi hits dan tercatat sebagai lagu yang paling sering diputar di radio-radio Prancis pada tahun 1997 silam. Mulai dari situlah nama Anggun C Sasmi mulai diperhitungkan. Setidaknya nih, ada 10 album yang sudah dilahirkan oleh penyanyi 45 tahun ini selama berkarier di internasional. Sebuah prestasi membanggakan juga telah diukir oleh perempuan kelahiran Jakarta ini dengan memenangkan penghargaan pada ajang World Music Awards 2014. Anggun diberi penghargaan sebagai Best Selling Indonesian Artist atau Artis Indonesia dengan Penjualan terbaik di Dunia.

Baca juga: Penyanyi Anak Paling Hits

2. Sandhy Sondoro

Sandhy Sondoro
Sandhy Sondoro (Sumber: Sondoromusic.com)

Perjuangan Sandy Sondoro untuk bisa sukses di luar negeri rupanya cukup menarik. Memuali kariernya di Berlin sebagai street musician atau pengamen di jalan membuat namanya dikenal oleh komunitas musisi Jerman. Sejak saat itulah karier bermusiknya dimulai. Pada April 2008, Sandy merilis album indie bertarjuk “Why Don’t We’ dan single pertamanya yang berjudul “Shine” yang merupakan hasil kolaborasi dengan DJ Ibiza dan Dublex Inc. Berkat hal tu, lagunya masuk dalam chart hits di radio-radio yang ada di Eropa. Karena jasanya yang mengharumkan nama Indonesia, KBRI di Jerman memberinya anugerah Satya Lencana Karya Satya pada Agustus 2008 lalu.

Pada tahun 2009, atas dorongan seorang produser musik yang bernama Brandon Stone, Shandy mengikuti kontes New Wave. Kontes ini mirip dengan Indonesian Idol dan merupakan salah satu event pencari bakat musik yang penting dan menarik jutaan pemirsa dan media internasional. Berkat kebernaiannya itu, Shandy dinobatkan menjadi pemenang bersama dengan seorang penyanyi Ukraina.

Pada 2010 lalu, Sandhy juga menorehkan prestasi dengan tampil di sebuah acara Diane Warren, seorang pencipta lagu ternama di Amerika Serikat. Dalam salah satu album yang dirilis Sandhy, terdapat lagu ciptaan Diane Warren. Prestasi yang paling menakjubkan yang berhasil ditorehkan Sandhy yaitu merilis sembilan album dan kompilasi di Eropa dan Amerika. Belakangan, penyanyi bersuara emas ini makin banyak berkarir di Indonesia bersama kawannya Tompi dan Glen Fredly dalam grup Trio Lestari.

3. Agnez Monica

Agnez Mo
Agnez Mo (Sumber: Tribunnews.com)

Sempat dipandang sebelah mata soal ambisinya yang ingin go international, Agnez Mo kini membungkam mulut–mulut nyinyir tersebut dengan sederet prestasi yang diraihnya. Hal ini dibuktikan oleh album Agnez yang bertajuk X (2017) masuk ke dalam majalah internasional Vogue. Selain itu, sederet penyanyi dunia berkelas pun sukses digaet Agnez untuk berkolaborasi dengannya, seperti Chris Brown hingga Timbaland.

Dia juga beberapa kali duet bareng Keith Martin dan Michael Bolton. Bahkan salah satu lagu duetnya bareng Brown yang berjudul Overdose sempat menjadi trending topic. Selain itu, karier Agnex Mo di dunia internasional cukup mentereng, pada Maret 2019 kemarin Agnez Mo masuk nominasi Social Star pada ajang bergengsi iHeartRadio Music Awards ke-6 yang digelar di Microsoft Theater, Los Angeles, Amerika Serikat.

4. Joey Alexander

Joey Alexander
Joey Alexander (Sumber: Thejakartapost.com)

Engga banyak perhatian yang tertuju pada remaja kelahiran Juni 2003 ini pada awalnya. Namun  dikarenakan kemampuan main pioanonya yang sangat luar biasa, lambat laun nama Joey Alexander mampu menyedot perhatian masyarakat Indonesia hingga internasional. Remaja kelahiran Denpasar ini bahkan masuk dalam beberapa nominasi pada ajang Grammy Awards. Kerennya lagi, Joey Alexander memenangkan kategori Best Instrumental Jazz Album pada album My Favorite Things dan Best Jazz Solo Improvisation dari album tersebut.

Pada acara Grammy Awards 2016, Joey juga sudah merasakan sepanggung dengan penyanyi papan atas di acara seperti Adele, Bruno Mars, Taylor Swift, Ed Sheeran, dan lainnya. Satu hal paling membanggakan yaitu Joey menjadi artis Asia Tenggara pertama yang tampil di acara Grammy Awards ini. Engga sampai hanya disitu, Remaja yang satu ini juga menjadi artis Indonesia pertama yang masuk Billboard 200 di Amerika Serikat untuk album debutnya My Favorite Things. Hingga saat ini, Joey telah menelurkan empat album jazz internasional. Wouwww… gak keren gimana coba!

Baca juga: Band Indie Paling Hits

5. Dira Sugandi

Dira Sugandi
Dira Sugandi (Sumber: Cantika.com)

Dira Sugandi merupakan musisi yang akrab dengan berbagai jenis pertunjukkan musik jazz.  Siapa yang menyangka sebelumnya, kalo dari pertunjukannya yang sering ia tampilkan dalam festival jazz membawa ia untuk mengepakkan sayapnya du duia tarisk suara luar negeri.

Saat ini, nama Dira Sugandi sudah dikenal di kancah internasional seperti Inggris, Jepang, Jerman, Perancis, Afrika Selatan dan Amerika Serikat. Pada tahun 2010 lalu, lagu milik Dira berjudul yang No More Tears telah menduduki peringkat tujuh untuk album soul di Inggris dan juga masuk ‘Nominees named for 2010 SoulTrack Award’. Tentunya sebuah prestasi yang sangat membanggakan yang disumbangkan oleh Dira Sugandi.

 

Sumber:

1. Clebrity.okezone.com/read/2018/08/17/205/1937765/bikin-bangga-negara-5-musisi-indonesia-yang-sukses-go-international?page=2

2. Cekaja.com/info/5-penyanyi-indonesia-yang-berprestasi-di-kancah-internasional/

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Tempat Makan di Lombok yang Harus Kamu Kunjungi

Wed Sep 11 , 2019
Pasir putih yang halus, gunung-gunung yang indah, serta hutan yang hijau dan alami. Itulah yang dimiliki Lombok. Engga heran makanya jika banyak orang menjadikan Lombok sebagai tujuan wisata alternatif. Terlebih lagi suasana di sini lebih terasa “alami” dibanding dengan Bali yang selalu dipadati wisatawan. Tapi kamu gak perlu khawatir, sebagai tujuan wisata yang […]
Roemah Langko