Hai Anak Muda! Apapun Cita-citamu, Keterampilan Ini Wajib Untuk Kamu Miliki

Setiap orang punya cita-cita, betul? Dan pasti, gak ada seorangpun di dunia ini yang tidak menginginginkan cita-citanya tidak terwujud. Walaupun pada kenyataannya, akan ada saja anak-anak panah yang meleset dari target sekalipun kita telah menetapkannya sepresisi mungkin.

Tapi tak masalah, memang begitulah kehidupan. Ada bumbu-bumbu pelengkap yang wajib kita rasakan. Supaya apa? Supaya kita tau bahwa Tuhan menciftakan kehidupan ini dengan berbagai variasi rasa. Yang mana apabila kita pandai meraciknya akan tersaji hidangan yang sangat nikmat luar biasa. Aseeeek!

Menyusun Impian (Sumber: Pexels.com)

Oke tak perlu panjang lebar lagi, apapun cita-citamu. Dan tercapai atau engga nya cita-citamu nanti. Selama kamu memiliki keterampilan-keterampilan ini, insya Allah kamu akan baik-baik saja. Lalu apa saja keterampilan-keterampilan itu?

1. Adaptasi dengan Cepat

Keterampilan ini penting banget untuk dimiliki oleh siapapun. Apalagi bagi kamu yang suka hal-hal baru, seneng bepergian ke luar, dan lain sebagainya. Kemampuan adaptasi dengan cepat ini akan sangat membantu kamu dalam menjalankan kesukaanmu itu. Bukan hanya itu, dengan memiliki keterampilan ini juga kamu dijamin engga akan pernah mengalami kesulitan ketika datang ke tempat-tempat yang baru pertama kali kamu kunjungi.

Namun yang jelas, keterampilan ini bukan hanya wajib dimiliki oleh orang ekstrovert aja. Tapi introvert juga. Kenapa? Sebab selama ia masih manusia, dia adalah makhluk sosial. Butuh berinteraksi dengan orang-orang di sekitar, lingkungan, alam, dan lain sebagainya.

Adaptasi dengan Lingkungan (Sumber: Unsplash.com)

Jangan pernah menyepelekan keterampilan yang satu ini, sebab sekarang ini zamannya udah memasuki tahap distrupption era. Dimana perubahan terjadi secara cepat dan sulit diprediksi. Orang-orang yang gak mau menyesuaikan diri dengan yang ada disekitarnya akan sangat jauh ketinggalan.

Mungkin masih teringat di kepala kita bagaimana pada awal tahun 2000-an Nokia pernah berjaya dan menguasai pasar telepon selular di Indonesia. Tapi sekarang? Jarang sekali orang-orang yang menggunakan telepon seluler merk nokia. Apa sebabnya?

Hanya satu. Nokia lambat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Di saat telepon seluler merk lain mulai beralih ke android. Nokia justru masih nyaman dengan sistem Symbian andalannya. Sampe akhirnya, mereka baru menyadari bahwa merek lambat dalam beradaptasi. Nah cukuplah kisah Nokia jadi pelajaran bagi kita semua agar tidak terulang lagi. Skuyy mulai biasakan adaptasi dengan cepat dari sekarang!!!

2. Mampu Mengkomunikasikan Ide

Ide itu mahal bro!!! Tapi sayangnya sebagian orang di antara kita masih belum berani untuk megemukakan idenya. Semoga kamu mah engga yaa. Banyak alasan yang melatarbelakangi kenapa hal tersebut bisa terjadi. Mulai dari takut idenya dianggap receh, takut diketawain, takut di sanggah oleh orang lain, dan berbagaimacam ketakutan-ketakutan lainnya.

Diskusi adalah Salahsatu Cara Mengkomunikasikan Gagasan (Sumber: Unsplash.com)

Padahal ide itu adalah aset yang sungguh tak ternilai. Bisa jadi perubahan besar dimulai dari ide yang kita keluarkan. Lalu gimana sih caranya agar bisa ngungkapin ide? Mulailah dengan menulis. Sebab dengan menulis kamu gak perlu takut untuk mengemukakan ide. Wong gak bakal ada yang nyalahin juga.Sebelum di posting kan pasti di baca ulang lagi sama diri sendiri.

Nah keterampilan menyampaikan ide ini penting sekali dimiliki oleh siapa aja. Apapun cita-citanya. Sebab pada prakteknya dilapangan, kita bakal ketemu sama banyak orang. Dan jika kita tidak terampil mengemukakan ide dan gagasan kita, maka kitalah yang akan menjalankan ide-ide orang lain. Jadi, masih mau ide mahal mu dipendam gitu aja? Skuyy mulai berani speak up!

 3. Tahan Banting!

Ini maksudnya bukan kaya barang ya wkwkwk. Tapi maksunya itu kamu harus punya jiwa yang memang gak gampang nyerah. Ketika kamu belum berhasil pada percobaan pertama. Kamu tidak lantas mundur ataupun berbalik arah. Tapi apa yang kamu lakukan? Mencobanya dan terus mencoba.

Tahan Banting (Sumber: Pexels.com)

Tahan banting juga maksudnya kamu enggak baperan. Jadi ketika kamu diremehkan orang lain, dicemooh oleh temen-temen, bahakan ketika dikucilkan sekalipun. Kamu menaggap hal itu bukanlah suatu masalah yang besar.

Justru dengan begitu, kamu menjadi lebih semangat untuk membuktikan kepada mereka bahwa kamu memang bisa dan gak terpengaruh dengan omongan-omongan orang yang tak suka padamu. Keterampilan ini memang engga bisa dibentuk dalam sehari dua hari. Kamu harus melatihnya setiap hari. Dan saya yakin, kamu pasti bisa!

 4. Open Minded

Berpikir terbuka atau open minded merupakan salahstu ciri orang-orang yang berhasil. Berbeda dengan orang yang gagal, mereka lebih cenderung pakem dan gak mau open minded pada hal-hal baru yang menyapa mereka.

Banyak kekhawtiran yang timbul pada diri mereka. Dan parahnya hal itu menyebabkan mereka sulit untuk berkembang. Padahal dunia ini terus bergerak dan hal-hal baru pun akan terus bermunculan. Selama kita masih menutup diri dan gak mau terbuka pada hal-hal baru, rasanya akan sangat sulit untuk kita bisa maju.

Tidak menutup Diri pada Sesuatu yang Baru (Sumber: Pixabay.com)

Ya mungkin contoh sederhanya adalah tentang ojek online. Jika dulu ketika mau naik ojek itu penumpangnya lah yang harus nyamperin tukan ojeknya. Kalo sekarang kan beda, justru penumpang yang dijemput oleh tukang ojeknya.

Nah andaisaja para tukang ojek masih keukeuh dengan cara konvensional dan gak mau terbuka pada hal-hal baru seperti aplikasi ojek online. Maka sudah dipastikan mereka akan kalah bersaing. Dan otomatis, pendapatan pun makin hari akan makin berkurang juga. Ini baru salahsatu contoh saja ya…

Tapi open minded juga bukan berarti kita harus menerima dan mengamini semua perubahan yang terjadi ya. Maksudnya ketika hal-hal baru itu justru merusak hal-hal baik yang sudah ada, maka kita jangan sampe ikut-ikutan. Jadi, open minded tetep harus. Tapi jangan lupa di filter juga!

 5. Selalu Berpikir Positif

Keterampilan berpikir postif akan mebuat kamu melihat segala sesuatu dari kacamata yang berbeda. Walaupun mungkin kejadiannya sama, tapi jika diliat dari kacamata dan sudut pandang yang berbeda sudah tentu hasilnya pun akan berbeda.

Misalnya kamu bercita-cita untuk menjadi tentara. Tapi takdir Allah kamu gak lolos di seleksi tahap akhir. Bagi orang-orang yang berpikiran negatif, mungkin kejadian tersebut akan menciutkan nyalinya. Bahkan sampe menyalahkan Tuhan.

Tersenyum Merupakan Salhsatu Bukti dari Kita Selalu Berpikir Positif (Sumber: Pixabay.com)

Tapi bagi orang-orang yang selalu berpikir postif. Ia selalu memandang dari sudut pandang yang orang lain jarang melihatnya. Ketika kejadian yang sama menimpa dirinya. Ia akan berpikir bahwa itulah yang terbaik untuk dirinya.

Bisa jadi jika ia menjadi tantara kan jauh dari keluarganya, tidak dapat berbakti pada kedua orangtuanya, dan seterusnya. Artinya dia pandai menggali hikmah disetiap kejadian apapun yang menimpa dirinya. Dan inilah alasan kenapa kamu harus selalu berpikir positif atau husnuszhoon.

Gimana??? Sudah punya belum lima keterampilan di atas. Jika sudah, selamaaat yaaa. Terus kembangkan dan tambah lagi keterampilan-keterampilan keren lainnya. Tapi bagi kamu yang belum atau hanya memilki sebagian saja. Gak usah khawatir dan tak perlu risau. Masih ada waktu bagi kita untuk terus mengasah dan mempelajari nya. Yang pasti, jangan patah semangaaatt. (ID)

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Lagi Mulai Bisnis? 6 Akun Instagram Ini Wajib Anda Pantau Terus

Sat Aug 10 , 2019
Dewasa ini, perkembanganan dunia wirausaha di Indonesia menunjukan trend yang cukup positif. Apalagi di kalangan anak muda, atau generasi millenials. Hal ini dapat dilihat dari menjamurnya cafe ataupun resto yang biasanya menjadi tempat kongkow-kongkow para muda. Bukan hanya itu, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Saat ini, dunia bisnis juga sudah mulai […]