Lagi Mulai Bisnis? 6 Akun Instagram Ini Wajib Anda Pantau Terus

Dewasa ini, perkembanganan dunia wirausaha di Indonesia menunjukan trend yang cukup positif. Apalagi di kalangan anak muda, atau generasi millenials. Hal ini dapat dilihat dari menjamurnya cafe ataupun resto yang biasanya menjadi tempat kongkow-kongkow para muda.

Bukan hanya itu, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Saat ini, dunia bisnis juga sudah mulai beralih ke toko-toko online. Disamping jualan online tidak butuh banyak modal karena tak perlu sewa gedung dan sebagainya. Jualan di marketplace juga bisa dilakukan dimana saja. Kapan saja. Dan tanpa mengganggu kegiatan utama seseorang.

Bisnis bis hanya modal hape saja (Sumber: Pexels.com)

Namun, bagi anda yang saat ini belum memulai suatu bisnis. Tapi ada rasa atau keinginan untuk terjun ke dunia bisnis. Alangkah baiknya nih sebelum memutuskan untuk benar-benar nyebur, kamu harus tau ilmunya dulu.

Gak usah khawatir kalo anda super sibuk. Sebab sekarang mah zamannya udah canggih. Kita engga perlu lagi menghadiri berbagaimacam seminar yang tentunya nyita waktu dan butuh biaya. Untuk mendapatkan ilmunya, saat ini kita hanya butuh kuota aja. Ya… cukup kuota.

Selama kita masih punya kuota, banyak ilmu yang bakal kita dapatkan. Baik lewat youtube, instagram, podcast, dan lain sebagainya. Tapi kalopun engga. Gak jadi masalah. Kenapa? Karena sekarang mah banyak ko yang nyediain wifi gratisan wkwkwk.

Selama ada internet, kita bis aterkoneksi kemanapun (Sumber: Unsplash.com)

Nah dikesempatan ini saya akan coba sharing mengenai beberapa akun yang menurut saya cocok banget untuk yang mau mulai bisnis, baru mulai bisni, ataupun yang sudah berpengalaman.

Saya sendiri saat ini Alhamdulillah baru mulai. Dan jujur, dengan adanya akaun-akun berikut ini saya sangat merasa terbantu. Walaupun mungkin ditulisan sebelumnnya sudah di bilang kalo saya itu resign dari Instagram.

Tapi kalo mau jujur sebenernya saya juga masih aktif di IG. Hanya saja sekarang mah saya manfaatin untuk belajar bisnis dan juga sebagai ajang promosi untuk bisnis yang sedang saya jalankan. Jadi memang dari segi niat dan tujuan pun udah beda. Lalu apa aja sih akun-akun yang bakal ngebantu kita dalam masalah bisnis itu?

1. Bisnis Bareng Bram (@bisnisbarengbram)

Diliat dari nama akunnya aja udah keliatan yaa? Kalo di akun ini bakal dibagikan ilmu-ilmu kece dari Bang Septian Bramandita. Atau yang lebih popular dipanggil dengan Bang Bram. Bang Bram sendiri merupakan Founder dan CEO dari @bisnisbarengbram dan juga optimasiigmarketing.id.

Di akun yang satu ini, ilmu mengenai bisnis akan di bedah secara cuma-cuma. Bagi yang baru mulai bisnis seperti saya, jujur akun ini sangat ngebantu banget. Akan sangat rugi jika setiap postingan-postingannya dilewatkan begitu saja.

Selain akan di ajari mengenai masalah dunia bisnis dan seluk-beluknya, di akun @bisnisbarengbram juga akan dikasih tips bisnis dan marketing di Instagram. Hal ini penting banget karena sekarang IG merupakan salahsatu media promosi paling efektif untuk dapat mengembangkan bisnis yang sedang kita jalankan.

Ubah Hidupmu dalam 7 jam (Sumber: Instagram @bisnisbarengbram)

Ini hanyalah salah satu contoh postingan yang sangat inspiring banget. Artinya, engga ada lagi alasan sebab kita semua pasti punya waktu luang. Yang jadi masalah, seberapa produktif sebenernya kita menggunakan waktu luang tersebut? Silahkan jawab sendiri yaa!!

2. Sekolah Pebisnis (@sekolahpebisnis)

Nah sekarang untuk sekolah bisnis tidak perlu lagi bayar uang jutaan rupiah wkwk. Kenapa? Karena di akun @sekolahpebisnis akaun diabgikan ilmu seputar bisnis secara gratis. Asal kamu punya kuota aja yaa haha. Tapi buka bermaksud menyepelakn siapapun yang udah kuliah atau mencari ilmu di Fakultas Bisnis. Itu penting banget juga sebenernya.

Hanya saja jika temen-temen seperti saya yang memang backgraound nya bukan dari pendidikan bisnis. Atau mungkin anda yang belum punya biaya untuk bisa sekolah di jurusan bisnis. Saya rasa akun ini tepat sekali jika kita jadikan panduan untuk mulai belajar bisnis.

Berbagaimacam orang yang wajib didekati dan dijauhi (Sumber: Instagram @sekolahpebisnis)

Selain akan dikasih quotes dan motivasi. Di akun ini juga kamu akan banyak belajar seputar trend bisnis terbaru, cara promosi yang efektif, dan masih banyak lagi. Foto diatas adalah salahsatu postingan dari akun @sekolahpebisnis yang tentunya membuka mata kita bahwa tidak semua orang lho harus kita dekati.

3. Rintisan Indonesia (@rintisan.id)

Akun @rintisan.id ini akan bermanfaat banget bagi kamu yang baru mulai merintis usaha. Pokonya akun ini bukan kaleng-kaleng deh. Aselinya. Bukan hanya membicarakan bisnis saja, di akun ini juga kamu bakal diajari bagaimana tentang membangun mindeset, cara meningkatkan follower, nasihat-nasihat dari orang yang sudah sukses, dan masih banyak lagi.

Never Give Up Brader (Sumber: Instagram @rintisan)

Gambar diatas merupakan salahsatu contoh aja dari banyaknya motivasi yang dibagikan di akun @rintisan.id ini. Intinya kamu gak boleh mudah menyerah. Masih banyak orang-orang yang jauh lebih berat perjuangannya daripada kamu. Yukk kepoin aja langsung akun @rintisan.id supaya kamu lebih banyak dapat ilmu-ilmu keren lainnya yang seperti ini.

4. Media Bisnis Online (@mebiso)

Jika diliat dari segi namanya, akun @mebiso ini sepertinya memang akan mebantu bagi kamu yang mengandalkan media online dalam menjalankan bisnisnya. AKun ini juga mempunyai sebuah cita-cita untuk menjadi ‘media perubahan terkemuka bagi ekonomi digital’.

Kamu udah punya kebiasaan ini? (Sumber: Instagram @mebiso)

Nah tapi intinya akun ini juga bukan hanya eksklusif untuk kamu yang memang fokus dibisnis online saja. Melainkan bagi siapa saja yang memang lagi mulai berbisnis. Di akun @mebiso juga bukan hanya akan dibagikan gambar-gambar yang isnpiratif saja lho. Tapi kita juga bakal dapat video-video yang tentunya tak kalah menginspirasi.

5. Bisnis Mellenial (@bisnismellenial)

Akun ini sepertinya memang difokuskan pada geenerasi muda. Yaa millenials. Jika diliat dari bio instagramnya, akun ini juga nampak sudah menjadi Komunitas Bisnis Generasi Millenials. Lantas kalo gitu, apakah jika kita bukan generasi millenials engga bisa mengikuti akun ini? Oh tentu saja bisa. Justru itu menjadi kelebihan tersendiri bagi anda karena akan mampu membaca pasar dan keinginan konsumen.

Salahstu Ciri Bibir Orang Sukses (Sumber: Instagram @bisnismillenial)

Pokonya di akun @bisnismillenials ini kamu akan dibagikan info-info, trik, dan tips bisnis yang dilihat dari sudut pandang generasi millenials. Saya jamin, gabakal rugi deh kalo kamu memutuskan untuk mengikuti akun ini.

6. Pengusaha Muslim Sukses (@pengusahamuslimsukses)

Akun ini akan membahas dunia bisnis dari kacamata dan sudut pandang ke-Islaman. Tapi engga sesaklek itu juga sih. Jadi bagi anda yang beragama Islam dan sudah mulai berbisnis, wajib banget untuk follow akun yang satu ini.

Sudah sebesar apakah visimu? (Sumber: Instagram @PengusahaMuslimSukses)

Ciri khas dari akun ini biasanya sering menampilkan quote-quotes menarik dan penyemangat. So, cocok banget nih bagi kamu yang butuh booster khususnya dalam masalah entrepreneur.

Nah itu dia setidaknya 6 akun yang wajib kamu follow jika memang tertarik untuk bisnis. Masih banyak tentunya akun-akun lain. Termasuk akun yang akan memotivasi kamu untuk jaul lebih baik lagi. Hanya saja menurut saya, untuk saat ini ke enam akun itu akan membantu kamu dalam memahami tentang bagaimana seluk beluk bisnis.

Bisa dikatakan bahwa keenam akaun teresbut merupakan mentor kamu di sosial media. Walaupun kamu harus tetap punya mentor real dilapangan. Tapi dengan perkembangan teknologi yang sudah secanggih ini, rasanya gak salah juga jika akun-akun tersebut kamu jadikan sebagai mentor online.

Okedeeh! Yang udah mulai usahanya, semoga makin lancar dan berkah yaaa. Bagi yang belum mulai, skuyy segera mulai. Sebab entrepreneur itu adalah makhluk minoritas di negeri ini. Dan perlu di ingat, orang kaya juga minoritas bung. Jadi? Yaudah simpulin sendiri aja deh hehe. (ID)

 

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Berpisah Tanpa Drama, Coba Lakukan Hal Ini

Sat Aug 10 , 2019
Dalam sebuah hubungan, tidak selamanya bisa terjalin dengan indah, ada kalanya kamu harus menhadapi peliknya masalah yang hadir dalam hubunganmu. Terkadang masalah yang hadir membuatmu ingin berpisah dan mengakhiri semuanya. Meskipun perpisahan adalah hal yang menyakitkan, tapi semua itu tetap harus dilalui. Banyak orang yang sakit hati karena diputuskan dan […]